Adaptasi New Normal, Hotel Sahid Jaya Andalkan Pelayanan Robot

Fahmi Ahmad Burhan
6 Oktober 2021, 09:03
Hotel, Robot, Teknologi
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Ilustrasi Hotel.

PT Hotel Sahid Jaya International Tbk (HSJI) merenovasi Puri Agung Grand Ballroom di Grand Sahid Jaya Jakarta dan menerapkan teknologi robot untuk melayani tamu. Upaya tersebut dilakukan Hotel Sahid Jaya untuk beradaptasi di era normal baru (new normal) pasca-pandemi Covid-19.

Ballroom yang memiliki luas 1.600 meter persegi dengan kapasitas tamu hingga 3.000 orang itu menerapkan desain modular. Hotel Sahid Jaya juga mengedepankan inovasi teknologi dengan mengandalkan Automated Robotic Food Servers. Robot dapat melayani tamu seperti dalam menyediakan makanan dan minuman. 

Direktur Utama PT HSJI Hariyadi B Sukamdani mengatakan perusahaan mengandalkan teknologi robot agar dapat terus menjalankan protokol kesehatan yang baik dan ketat. Robot juga dapat memberi rasa aman dalam menjaga jarak secara fisik, meningkatkan kebersihan bagi para tamu, serta mengurangi potensi makanan berlebih (food waste).

"Kami harap para tamu dapat kembali merasa nyaman dan aman pada saat mendatangi acara pernikahan berskala besar, seperti sebelum pandemi, tapi dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat," katanya dalam siaran pers, kemarin (5/10).

Puri Agung Grand Ballroom juga mengandalkan penggunaan energi ramah lingkungan. Perusahaan beralih menggunakan sumber pencahayaan LED yang lebih hemat energi dan mengganti sistem pendinginan sebelumnya.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...