Harapan Konsumen bagi Operator FMC seperti Telkomsel dan XL Axiata

Lavinda
Oleh Lavinda
29 Mei 2023, 11:56
FMC
ANTARA FOTO/Zabur Karuru/rwa.
Pekerja memeriksa 'compact mobile BTS' di Desa Golo Mori, Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Kamis (4/5/2023).

Layanan Fixed Mobile Convergence atau FMC bisa menjadi mesin pertumbuhan keuangan terbaru bagi operator telekomunikasi di tengah tekanan terus menurunnya rerata pendapatan per pengguna atau ARPU, karena perang harga dan saturasi di layanan seluler.

FMC merupakan konsep yang menggabungkan jaringan mobile broadband dan fixed broadband. Dengan menggunakan FMC, pengguna akan layanan internet secara terus-menerus, kapan pun dan di mana pun.

Saat ini, operator yang mulai menjalankan bisnis FMC ialah Telkomsel dan XL Axiata.

Anggota Komisi Komunikasi dan Edukasi Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) Heru Sutadi memberikan catatan terhadap operator yang memberikan layanan FMC kepada konsumen.

Beberapa imbauan konsumen kepada operator yang menjalankan FMC antara lain:

1. Dengan adanya konvergensi Fixed broadband dan mobile broadband, konsumen berharap operator tak mengubah atau menurunkan kualitas layanan, misalnya kualitas jaringan mobile untuk ponsel menurun karena fokus ke jaringan fixed broadband.

2. Konsumen berharap operator tak mengubah produk, karena hal terpenting ialah pelanggan tak mengalami perubahan. Pada dasarnya, pelanggan punya hak kenyamanan dan hak mendapatkan pelayanan yang baik.

3. Konsumen berharap tak ada yang dibebankan kepada pelanggan. Operator juga sebaiknya tidak memaksa konsumen untuk menggunakan layanan FMC, misal dengan memaksa menambah alat untuk layanan baru.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...