Samsung Jadi Smartphone Paling Laris di Indonesia Kuartal I 2023

Lavinda
Oleh Lavinda
5 Juni 2023, 18:25
smartphone
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Penjualan handphone bekas di ITC Roxy Mas, Jakarta (11/11/2019).

Samsung dinobatkan sebagai merek ponsel pintar atau smartphone dengan pangsa pasar terbesar di Indonesia sepanjang kuartal I 2023, yakni mencapai 24%. Jumlah pengiriman smartphone milik perusahaan asal Korea Selatan ini mencapai 1,9 juta unit.

Kendati berada di peringkat pertama, pertumbuhan pengiriman smartphone Samsung pada kuartal pertama tahun ini merosot 9% dibanding kinerja periode yang sama tahun lalu.

Berdasarkan laporan International Data Corporation atau IDC Worldwide Quarterly Mobile Phone Tracker, pangsa pasar terbesar kedua ditempati oleh OPPO, yakni sebesar 23,3% dari total pasar smartphone di Indonesia. Jumlah pengiriman smartphone OPPO sebesar 1,8 juta unit, meningkat 1,6% dibanding pengiriman tahun lalu.

Vivo dan Xiaomi berada di peringkat ketiga dan keempat dengan pangsa pasar masing-masing 16,5% dan 13,7%. Jumlah pengiriman smartphone Vivo tercatat 1,3 juta unit atau menyusut 14,6% dari tahun lalu. Sedangkan Xiaomi 1,1 juta unit atau menurun 17,2% dari pengiriman smartphone tahun sebelumnya.

Berada di urutan kelima ialah Realme dengan pangsa pasar 10,8% dan jumlah pengiriman 800 ribu unit atau anjlok 23,3%. Smartphone merek lainnya tercatat memiliki pangsa pasar 11,6% dengan pengiriman 900 ribu unit, pertumbuhannya menurun 18,2% dari pengiriman tahun lalu.

Secara akumulasi, pasar smartphone di Indonesia kembali menyusut 11,9% menjadi hanya 7,9 juta unit pada kuartal I 2023. Namun, perangkat pada kategori harga tinggi, yaitu di atas US$ 600 atau Rp 9 juta berhasil tumbuh signifikan, dipimpin oleh Samsung dan Apple. 

Penjualan smartphone 5G juga tumbuh 38%, mencapai 18% dari keseluruhan pasar smartphone Indonesia, naik dari 11% pada periode yang sama tahun lalu.

Pangsa pasar Smartphone pada rentang harga kurang dari US$ 200 atau sekitar Rp 3 juta sedikit meningkat dan mencapai 76% dari keseluruhan pasar smartphone Indonesia. Akan tetapi, penjualan smartphone segmen tersebut masih menyusut 8%, di tengah menurunnya konsumsi masyarakat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...