Bank Mandiri Gandeng McDonald's Dorong Transaksi QRIS

Bank Mandiri menggandeng restoran cepat saji McDonald’s untuk mendorong transaksi non-tunai melalui akses pembayaran pindai QRIS.
Image title
8 April 2021, 16:32
Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi (kedua kanan) mendapat penjelasan dari Kepala Cabang Nuri Saphira Virginia (kanan) disaksikan para nasabah yaitu Director PT Metropolitan Kentjana Tbk.
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww.
Ilustrasi Bank Mandiri.

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menggandeng restoran cepat saji McDonald’s untuk mengembangkan akses pembayaran dengan memindai (scan) Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di aplikasi mobile Bank Mandiri. Hal ini dilakukan untuk mendorong aktivitas transaksi non-tunai di Indonesia.

Dalam kerjasama ini, McDonald’s menerima pembayaran kode QR menggunakan aplikasi Bank Mandiri berstandar QRIS di berbagai gerai McDonald’s di seluruh Indonesia.

SVP Transaction Banking Retail Sales Bank Mandiri Thomas Wahyudi mengatakan solusi pembayaran digital tanpa uang tunai ini diharapkan dapat semakin digemari nasabah dan menjadi pilihan utama bertransaksi di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang.

“Kami akan terus menambah jumlah mitra merchant yang menjadi mitra perseroan dalam memperluas akses transaksi online masyarakat, termasuk transaksi dengan kode QRIS,” kata Thomas dalam keterangan tertulis, Kamis (7/4).

Hingga akhir Maret 2021, mitra yang dapat melayani berbagai transaksi non-tunai Bank Mandiri tercatat sekitar 600.000 merchant Electronic Data Capture (EDC) fisik, QR Statis dan perdagangan elektronik. Mitra-mitra tersebut berasal dari berbagai sektor ekonomi, seperti makanan dan minuman atau food and beverage (F&B), fesyen, grosir, pariwisata, supermarket, mitra online dan ritel lain.

Dari jumlah merchant tersebut, frekuensi transaksi finansial melalui scan kode QR pada periode Januari-Maret 2021 tercatat hampir 700 ribu transaksi dengan nilai volume sekitar Rp 40 miliar. Angka itu tumbuh 95% dari periode yang sama tahun lalu.

Ke depan, Thomas mengaku Bank Mandiri akan terus berinovasi di bidang transaksi digital seiring dengan meningkatnya kebutuhan solusi baru di era teknologi informasi.

Direktur Finance & IT McDonald’s Indonesia Yanti Lawidjaja mengungkapkan, penyediaan layanan pembayaran online Bank Mandiri memberi kemudahan bagi pelanggan sehingga menambah daya tarik restoran.

"Kami berharap, kerjasama ini akan terus meningkatkan jumlah pelanggan yang mengunjungi 240 gerai resmi restoran McDonald’s di seluruh Indonesia,” ujar Yanti.

Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Lavinda
Video Pilihan

Artikel Terkait