Sinetron Ikatan Cinta Dongkrak Pangsa Pemirsa MNC ke Posisi Tertinggi

PT Media Nusantara Citra Tbk (MNC) mencatat pangsa pemirsa tertinggi di industri pertelevisian Tanah Air pada periode Januari-April 2021, didongkrak produksi in-house, termasuk Sinetron Ikatan Cinta.
Image title
5 Mei 2021, 19:56
PT Media Nusantara Citra Tbk (MNC) mencatat pangsa pemirsa tertinggi di industri pertelevisian Tanah Air pada periode Januari-April 2021, didongkrak produksi in-house, termasuk Sinetron Ikatan Cinta.
Arief Kamaludin | KATADATA
Gedung MNC

PT Media Nusantara Citra Tbk (MNC) mencatat pangsa pemirsa tertinggi di industri pertelevisian Tanah Air pada periode Januari-April 2021, baik pada slot jam tayang utama (prime time) maupun jam tayang tidak utama (non-prime time). Raihan tersebut didukung oleh berbagai produksi internal atau in-house di berbagai kategori konten, termasuk Sinetron Ikatan Cinta.

Emiten media berkode saham MNCN berhasil membukukan pangsa pemirsa sebesar 52,4% pada prime time dan 40,4% pada non-prime time. Capaian tersebut meningkat signifikan dibanding periode yang sama tahun lalu, ketika pangsa pemirsa prime time hanya 34,2% dan non-prime time 34,6%.

Berdasarkan data yang diterbitkan MNCN, dari sisi program televisi, drama yang menjadi ujung tombak MNCN saat ini, Ikatan Cinta, menempati puncak rata-rata rating yaitu 12,6% sepanjang Januari-April 2021. Program yang pertama kali tayang pada 19 Oktober 2020 ini, juga menguasai daftar pangsa pemirsa sebesar 46,5% pada periode tersebut.

Dalam daftar 20 program TV terbaik pada Januari-April 2021, ada 16 program milik MNCN yang masuk daftar tersebut. Padahal, pada periode sama tahun lalu, program MNC yang masuk daftar tersebut hanya 3 program.

Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo menyampaikan akan terus memperkuat kinerja operasional tahun ini. "Statistik menunjukkan kami telah memperkuat posisi terdepan di TV free to air (siaran gratis)," katanya dikutip dari siaran pers yang diunggah di keterbukaan informasi, Rabu (5/5).

Ia pun menilai, permintaan iklan di semua lini media MNCN meningkat di tengah pandemi Covid-19. "Ini merupakan tugas kami di MNCN untuk mempertahankan kinerja yang luar biasa ini," kata Hary menambahkan.

Menurut Hary, semua program TV diproduksi secara in-house di fasilitas studio milik MNCN. Strategi ini memungkinkan perseroan dapat memaksimalkan pendapatan iklannya karena memberikan fleksibilitas untuk menempatkan iklan non-reguler atau iklan yang ditempatkan dalam konten.

Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Lavinda
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait