Omni Caplok RS EMC, Upaya Emtek Gabung Bisnis Rumah Sakit

Image title
7 Mei 2021, 17:03
Transaksi afiliasi ini menunjukkan langkah Emtek untuk mengkonsolidasikan bisnis rumah sakit di bawah Sarana Meditama Metropolitan (SAME).
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.
Karyawan mengamati pergerakan harga saham di Jakarta, Kamis (11/2/2021).

PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk (SAME) berencana mengambil-alih 99,99% saham anak usaha PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek) di bidang kesehatan, PT Elang Medika Corpora (EMC) . 

SAME merupakan pengelola jaringan Rumah Sakit Omni yang sebagian besar sahamnya baru saja dikuasai oleh Emtek. Transaksi afiliasi ini menunjukkan langkah Emtek untuk mengkonsolidasikan bisnis rumah sakit di bawah entitas usahanya tersebut. 

"Perseroan mengambil alih seluruh saham EMC yang dimiliki oleh Emtek dengan harga pembelian senilai Rp 1,35 triliun," seperti dikutip dari keterbukaan informasi yang disampaikan SAME, Jumat (7/5).

EMC merupakan perusahaan yang secara tidak langsung memiliki usaha rumah sakit. Beberapa di antaranya, Rumah Sakit EMC Sentul yang sebelumnya bernama Rumah Sakit Pertamedika Sentul, Rumah Sakit EMC Tangerang yang sebelumnya bernama Rumah Sakit Usada Insani.

Manajemen SAME memandang aksi korporasi ini sejalan dengan tujuan kedua perusahaan, mengingat keduanya memiliki kegiatan usaha sejenis. Selain itu, aksi korporasi juga dilakukan untuk menerapkan strategi menghadapi pertumbuhan yang pesat.

"Untuk menciptakan suatu perusahaan pelayanan kesehatan yang lebih terintegrasi dan memperluas pangsa pasar Perseroan," kata manajemen SAME.

Selain itu, dengan adanya konsolidasi ini, dinilai mampu menciptakan sinergi perusahaan yang lebih kuat dan lebih mampu bersaing dengan grup perusahaan rumah sakit lainnya dan mendukung pertumbuhan jangka panjang SAME.

Manajemen SAME mengharapkan adanya efisiensi dalam operasional dengan konsolidasi ini, sehingga hal tersebut dapat memberikan kontribusi positif atas kinerja keuangan pada masa yang akan datang. Termasuk diharapkan mampu terciptanya nilai tambah lebih bagi pemegang saham SAME.

"Perseroan mengharapkan setelah transaksi menjadi efektif, dapat meningkatkan profitabilitas pada Perseroan dan EMC dalam kegiatan usahanya pada bidang rumah sakit," kata manajemen SAME.

Rencana pengambilalihan saham EMC oleh SAME perlu mendapatkan izin pemegang saham. Untuk itu SAME berencana untuk menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 10 Mei 2021 mendatang.

Adapun, saat ini SAME memiliki 5 anak usaha dengan kepemilikan di masing-masing perusahaan mencapai 99,99%. Seperti PT Sarana Meditama International PT Kurnia Sejahtera Utama, PT Sentosa Indah Sejahtera, PT Sarana Meditama Nusantara, dan PT Sarana Meditama Anugerah.

Sedangkan EMC memiliki 71,14% saham UNPM, lalu sebesar 91,33% di PT Sentul Investindo, dan 66,67% di PT Surya Cipta Medika. Adapun, Sentul Investindo memiliki 28,86% saham UNPM. Sedangkan Surya Cipta Medika memiliki anak usaha sebesar 99,99% di UTPM dan 99,99% di GMI.

Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Lavinda
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait