Erick Thohir Rombak Direksi dan Komisaris Jasa Marga

Image title
27 Mei 2021, 19:15
Pemegang saham PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) sepakat melakukan perombakan pada jajaran komisaris dan direksi perusahaan.
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/wsj.
Foto udara kendaraan melintas saat uji coba lintasan proyek Simpang Susun Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (17/5/2021).

Pemegang saham PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) sepakat melakukan perombakan pada jajaran komisaris dan direksi perusahaan. Selain itu, pemegang saham juga melakukan perubahan nomenklatur jabatan pada susunan direksi.

Keputusan diambil dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), Kamis (27/5), oleh pemegang saham mayoritas yaitu pemerintah melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang dipimpin Erick Thohir.

Pemegang saham sepakat memberhentikan Komisaris Independen Adriansyah Chaniago. Selain itu, Komisaris Agus Suharyono, Komisaris Sugihardjo, dan Direktur Bisnis Mohammad Sofyan.

Selanjutnya, pihak-pihak yang diangkat menggantikan posisi tersebut antara lain, Komisaris Independen Eman Salman Arief, Komisaris M. Roskanedi, Komisaris Raja Erizman, dan Direktur Bisnis Mohamad Agus Setiawan.

Tak hanya merombak jajaran direksi dan komisaris, pemerintah dan pemegang saham lain juga sepakat untuk tidak membagikan dividen pada tahun buku 2020. Seluruh laba bersih tersebut ditetapkan sebagai cadangan perseroan.

Berdasarkan laporan keuangan, Jasa Marga membukukan laba bersih pada 2020 senilai Rp 501,04 miliar yang anjlok 77,3% dari tahun sebelumnya Rp 2,2 triliun.

Sekretaris Perusahaan Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, keputusan tersebut diambil dengan pertimbangan saat ini Jasa Marga perlu memperkuat struktur kapital di tengah pandemi Covid-19 yang turut berdampak terhadap bisnis perseroan.

Dengan berakhirnya RUPST, maka susunan Dewan Komisaris dan Direksi baru Jasa Marga sebagai berikut:

Dewan Komisaris
- Komisaris Utama/Komisaris Independen: Yuswanda A. Temenggung
- Wakil Komisaris Utama/Komisaris Independen: Zulfan Lindan
- Komisaris Independen: Eman Salman Arief
- Komisaris: Anita Firmanti Eko Susetyowati
- Komisaris: M. Roskanedi
- Komisaris: Raja Erizman

Direksi
- Direktur Utama: Subakti Syukur
- Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko: Donny Arsal
- Direktur Bisnis: Mohamad Agus Setiawan
- Direktur Operasi: Fitri Wiyanti
- Direktur Pengembangan Usaha: Arsal Ismail
- Direktur Human Capital dan Transformasi: Enkky Sasono Anas Wijaya

 

Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Lavinda
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait