Erick Thohir Tambah Kursi Komisaris di Semen Baturaja

Semen Baturaja membukukan laba bersih pada 2020 senilai Rp 10,98 miliar atau anjlok 63,47% dari 2019 senilai Rp 30,07 miliar.
Image title
27 Mei 2021, 20:12
Pemegang saham PT Semen Baturaja (Persero) Tbk (SMBR) sepakat mengubah jajaran manajemen perusahaan.
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc.
Karyawan memantau pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (17/5/2021).

Pemegang saham PT Semen Baturaja (Persero) Tbk (SMBR) sepakat mengubah jajaran manajemen perusahaan. Keputusan tersebut diambil dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis (27/5).

"Terdapat perubahan susunan pengurus dengan penambahan pengangkatan Komisaris Independen Semen Baturaja Chowadja Sanova," ujar Direktur Utama Semen Baturaja Jobi Triananda Hasjim dalam keterangan tertulis.

Keputusan ini merupakan usulan dari pemegang saham Seri A Dwiwarna. Dalam hal ini pemerintah yang diwakili Kementerian BUMN pimpinan Erick Thohir.

Selain itu, pemegang saham juga sepakat tak membagikan dividen untuk tahun buku 2020. Berdasarkan laporan keuangan, laba bersih perusahaan pada 2020 tercatat senilai Rp 10,98 miliar atau anjlok hingga 63,47% dari raihan 2019 senilai Rp 30,07 miliar.

Dalam menghadapi 2021, Jobi mengatakan perusahaan menjalankan sejumlah inisiatif strategi. "Dengan efisiensi biaya produksi dan biaya usaha, perbaikan sistem distribusi dan penataan distributor mampu menekan harga pokok secara signifikan," ujarnya.

Perseroan optimis target penjualan 2021 dapat tercapai karena adanya peningkatan APBN 2021 untuk infrastruktur sebesar 47,3% menjadi Rp 414 triliun. Selain itu, optimisme itu tumbuh karena proyeksi pertumbuhan ekonomi nasional yang diperkirakan akan meningkat 4-5%.

"Pemerintah telah memulai proyek-proyek strategisnya dan Semen Baturaja telah ikut serta dalam proyek strategis pemerintahan yang memberikan peluang bagi perseroan untuk meningkatkan volume penjualan dan mengatasi oversupply semen," kata Jobi.

Susunan Pengurus Perseroan yang baru berdasarkan keputusan RUPST untuk Tahun Buku 2020 :

Komisaris

- Komisaris Utama : Franky Sibarani
- Komisaris : Oke Nurwan
- Komisaris Independen : Darusman Mawardi
- Komisaris Independen : Endang Tirtana
- Komisaris Independen : Chowadja Sanova

Direksi

- Direktur Utama : Jobi Triananda Hasjim
- Direktur Produksi & Pengembangan : Daconi
- Direktur Keuangan & Manajemen Risiko : M. Jamil
- Direktur Umum & SDM : Amrullah
- Direktur Pemasaran : Mukhamad Saifudin

 

Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Lavinda
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait