Indofood CBP Rilis Obligasi Global Rp 24,6 Triliun di Bursa Singapura

Dana hasil penerbitan obligasi global Indofood akan digunakan untuk mempercepat (prepayment) sebagian fasilitas pinjaman Pinehill Company Limited.
Image title
10 Juni 2021, 15:40
PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) menerbitkan obligasi global bernilai jumbo hingga US$ 1,75 miliar atau setara Rp 24,68 triliun (kurs: Rp 14.100) pada 9 Juni 2021.
Arief Kamaludin/Katada
Indofood tower

PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) menerbitkan obligasi global bernilai jumbo hingga US$ 1,75 miliar atau setara Rp 24,68 triliun (kurs: Rp 14.100) pada 9 Juni 2021. Obligasi yang diterbitkan produsen Indomie ini tercatat di Singapore Exchange Securities Trading Limited (SGX-ST).

Berdasarkan pengumuman di Keterbukaan Informasi, Kamis (10/9), Indofood CBP menerbitkan dua jenis obligasi yang memiliki nilai pokok, tenor, dan tingkat bunga yang berbeda. Masing-masing obligasi dibayarkan dua kali dalam setahun.

Pertama adalah Obligasi Global 2031 dengan jumlah pokok US$ 1,15 miliar dan berjangka waktu 10 tahun dari sejak tanggal penerbitan. Obligasi ini menawarkan tingkat suku bunga tetap yaitu sebesar 3,39% per tahun.

Selanjutnya, perusahaan Grup Salim tersebut menerbitkan Obligasi Global 2051 senilai US$ 600 juta dengan jangka waktu 30 tahun. Tingkat suku bunga obligasi ini sebesar 4,74% per tahun.

Advertisement

"Dana hasil perolehan dari penerbitan obligasi global seluruhnya akan digunakan untuk membiayai pembayaran dipercepat (prepayment) sebagian fasilitas pinjaman Pinehill," seperti dikutip dari pengumuman di keterbukaan informasi, Kamis (10/6).

Berdasarkan hasil pemeringkatan bagi perusahaan dan obligasi global oleh Moody’s Investors Service dan Fitch Ratings, masing-masing adalah Baa3 dan BBB.

Dalam pelaksanaan penerbitan obligasi global, perseroan telah menunjuk joint bookrunners, yaitu UBS AG, Singapore Branch, Deutsche Securities (Singapore) Pte. Ltd., SMBC Nikko Capital Markets Limited, DBS Bank Ltd, Mandiri Securities Pte. Ltd., Natixis Singapore Branch, dan Oversea-Chinese Banking Corporation Limited.

Pada Februari 2020, Indofood CBP telah mendapat tawaran akuisisi Pinehill Company Limited dari dua pemegang saham perusahaan yakni, Pinehill Corpora Limited dan Steele Lake Limited. Selang beberapa lama, Indofood CBP memberikan tanggapan berupa penawaran nilai akuisisi.

Pinehill Company Limited merupakan perusahaan induk yang memiliki empat entitas anak. Kegiatan utama perusahaan yang didirikan British Virgin Islands tersebut bergerak di bidang industri pembuatan mie instan di Arab Saudi, Nigeria, Turki, Mesir, Kenya, Maroko, Serbia, dan Ghana dengan menggunakan merek Indomie.

Pada 22 Mei 2020, perusahaan dan penjualan saham Pinehill Company Limited, menandatangani perjanjian jual-beli saham bersyarat. Untuk membiayai akuisisi tersebut, Indofood CBP pun melakukan pinjaman sindikasi setara US$ 2,05 juta untuk jangka waktu 5 tahun.

Sindikasi bank yang tergabung yaitu Bank of China (Hong Kong) Ltd., BNP Paribas, Mizuho Bank Ltd - Singapore Branch, Natixis - Hong Kong Branch, Oversea-Chinese Banking Corporation Limited, dan Sumitomo Mitsui Banking Corporation - Singapore Branch.

melalui perolehan pinjaman sindikasi tersebut, Indofood CBP pun menyelesaikan transaksi akuisisi 100% saham Pinehill pada 27 Agustus 2020.

Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Lavinda
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait