Erick Thohir Angkat Dua Kader Gerindra jadi Pejabat Pal Indonesia

Erick Thohir juga mengangkat dua direktur baru Pal Indonesia, Oggy Achmad Kosasih dan Wing Antariksa yang sebelumnya merupakan direktur Inalum dan PTPN III.
Image title
Oleh Lavinda
15 Juni 2021, 16:10
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mewakili pemerintah sebagai pemegang saham pengendali merombak susunan direksi dan komisaris PT Pal Indonesia (Persero). Dua dari empat pejabat baru yang diangkat berasal dari kader Partai Gerindra.
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Menteri BUMN Erick Thohir mengikuti Sidang Kabinet Paripurna di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (14/11/2019).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mewakili pemerintah sebagai pemegang saham pengendali merombak susunan direksi dan komisaris PT Pal Indonesia (Persero). Dua dari empat pejabat baru yang diangkat berasal dari kader Partai Gerindra.

Berdasarkan keterangan tertulis, Kementerian BUMN mengangkat Wilgo Zainar sebagai Direktur Pemasaran. Wilgo merupakan mantan Anggota Komisi XI DPR RI dari Partai Gerindra. Namanya juga sempat dikabarkan masuk dalam daftar calon anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) periode 2019-2024.

Di jajaran pengawas, Kementerian BUMN juga mengangkat mantan Calon Legislatif Partai Gerindra, Cut Meutia Adrina, sebagai Komisaris Independen perusahaan.

 

Advertisement

Selain itu, Oggy Achmad Kosasih diangkat sebagai Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko. Sebelumnya, Oggy menjabat sebagai Direktur Pelaksana PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum). Jabatan Oggy di Inalum digantikan oleh Sophia I. Wattimena yang merupakan mantan Direktur Operasi dan Keuangan PT Pelabuhan Indonesia Investama.

Terakhir, Wing Antariksa ditetapkan sebagai Direktur SDM dan Umum Pal Indonesia yang baru. Pada April lalu, Wing diberhentikan dari jabatan Direktur SDM PT Perkebunan Nusantara III (PTPN III).

Tak hanya merombak jajaran direksi dan komisaris, Kementerian BUMN juga mengubah nomenklatur jabatan direksi. Hal itu tertuang dalam Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor SK-196/MBU/06/2021 tanggal 15 Juni 2021 tentang Pemberhentian, Perubahan Nomenklatur Jabatan dan Pengangkatan Anggota-anggota Direksi Perusahaan PT Pal Indonesia (Persero).

Pemegang saham mengubah nomenklatur jabatan Direktur Keuangan menjadi Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko. Sementara itu, Direktur Pemeliharaan dan Perbaikan menjadi Direktur Pemasaran.

Sebelumnya, Kementerian BUMN memutuskan untuk memberhentikan dengan hormat Direktur Pemeliharaan dan Perbaikan Kuntjoro Pinardi dan Direktur Keuangan Irianto. Kementerian juga mengukuhkan pemberhentian dengan hormat Almarhumah Etty Soewardani.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kuntjoro Pinardi dan Bapak Irianto yang telah mendedikasikan waktu, tenaga, dan pikiran untuk Pal Indonesia," ujar Asisten Deputi Bidang Industri Manufaktur Liliek Mayasari dalam keterangan tertulis, Selasa (15/6).

Direktur Utama Pal Indonesia Kaharuddin Djenod mengapresiasi para direktur yang telah diberhentikan. Menurut dia, transformasi yang diberikan kepada perusahaan dapat membawa tren kinerja perusahaan positif selama tiga tahun terakhir.

Berikut susunan Dewan Direksi Pal Indonesia per 15 Juni 2021:

Dewan Direksi:

Direktur Utama: Kaharuddin Djenod Daeng Manyambeang
Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko: Oggy Achmad Kosasih
Direktur SDM dan Umum: Wing Antariksa
Direktur Pemasaran: Wilgo Zainar
Direktur Produksi: Iqbal Fikri

Dewan Komisaris:

Plt Komisaris Utama: Didik Prasetyo
Komisaris Independen: Didit Herdiawan
Komisaris Independen: Harsusanto
Komisaris Independen: Cut Meutia Adrina

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait