Anak Usaha MNC Vision Akan IPO di Bursa AS Lewat SPAC pada Agustus

MNC Vision Networks akan masuk ke bursa Amerika Serikat melalui proses merger dengan perusahaan cek kosong (SPAC) Malacca Straits Acquisition Company.
Image title
15 Juni 2021, 18:37
MNC vision, ipo mnc, mnc grup, saham mnc
ANTARA FOTO/REUTERS/Brendan McDermid/WSJ/dj
Brendan McDermid

PT Asia Vision Network yang merupakan bagian dari Grup MNC menargetkan bisa melantai di Bursa Saham Nasdaq pada Agustus 2021.  Anak usaha PT MNC Vision Networks Tbk (IPTV) tersebut akan masuk ke bursa Amerika Serikat (AS) melalui merger dengan perusahaan cek kosong Malacca Straits Acquisition Company.

Darma Putra, Direktur Utama PT MNC Investama Tbk (BHIT) yang merupakan induk bisnis Grup MNC menyampaikan, pihaknya sudah menyampaikan dokumen ke otoritas setempat pada pekan lalu. Hal itu sebagai bagian dari proses penawaran umum saham atau initial public offering (IPO).

"Kalau tidak ada halangan apapun, dalam satu atau dua bulan lagi, mungkin Agustus 2021, semua akan selesai. Kalau tidak ada halangan berarti, saya yakin Agustus 2021 resmi bisa tercatat di Nasdaq," kata Darma dalam paparan publik, Selasa (15/6).

Pada Maret 2021, Asia Vision Network dan Malacca Straits Acquisition Company Limited menandatangani perjanjian definitif kombinasi bisnis. Malacca Straits merupakan merupakan perusahaan cek kosong atau Special Purpose Acquisition Company (SPAC) yang sudah IPO di Nasdaq dengan kode MLAC.

Advertisement

Artinya, langkah merger ini dapat membuat Asia Vision Network menjadi perusahaan induk yang terdaftar di AS dan diperdagangkan di Nasdaq. Transaksi tersebut mengimplikasikan proforma nilai perusahaan sebesar US$ 573 juta.

Kombinasi bisnis tersebut akan menghasilkan sekitar US$135 juta ke neraca Asia Vision Network, dengan asumsi tidak ada penebusan (redemption) oleh pemegang saham publik Malacca Straits atau penyesuaian harga pembelian.

Grup MNC akan melakukan roll-over 100% ekuitasnya di Asia Vision Network dan akan menerima tambahan saham karena aksi merger ini.

Jika digabungkan dengan saham yang sudah ada, MNC Vision Networks akan memiliki jumlah saham yang mencerminkan nilai perusahaan pre-money sebesar US$530 juta. Nilai ini tunduk terhadap penyesuaian harga pembelian tertentu dan kewajiban ganti rugi, dan terhadap nilai redemption saham Malacca, jika ada.

Penyelesaian transaksi tunduk pada keakuratan masing-masing pihak, representasi dan jaminan, persetujuan transaksi dan hal-hal terkait oleh pemegang saham Malacca Straits dan persyaratan penutupan lainnya yang ditetapkan dalam kesepakatan kombinasi bisnis. Transaksi ini tidak memiliki ketentuan saldo minimum kas yang harus dimiliki Malacca Straits.

Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Lavinda
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait