Bank Aladin Kerja Sama Layanan Perbankan di 15 Ribu Gerai Alfamart

Bank Aladin menilai kolaborasi dengan Alfamart dapat mendukung inklusi keuangan, melalui layanan perbankan yang menggabungkan elemen online dan offline (omnichannel).
Image title
7 Juli 2021, 13:54
PT Bank Aladin Syariah Tbk PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) meneken kerja sama terkait layanan transaksi perbankan dengan memanfaatkan 15 ribu gerai Alfamart di seluruh Indonesia.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi Alfamart di kawasan Gondangdia, Jakarta Pusat (1/7).

PT Bank Aladin Syariah Tbk PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) meneken kerja sama terkait layanan transaksi perbankan omnichannel dengan memanfaatkan 15 ribu gerai Alfamart di seluruh Indonesia. Kolaborasi ini diyakini mampu beban biaya Bank Aladin lebih efisien.

"Layanan perbankan digital ini akan berkontribusi pada efisiensi biaya bank sehingga Bank Aladin tentu dapat menawarkan produk dan perbankan syariah yang lebih kompetitif," kata Direktur Operasional Bank Aladin Basuki Hidayat dalam konferensi pers, Rabu (7/7).

Basuki mengatakan, kolaborasi ini dapat mendukung inklusi keuangan di Indonesia melalui layanan perbankan yang menggabungkan elemen online dan offline (omnichannel). Selain itu, diharapkan pula dapat mendigitalisasi partner ekosistem untuk akses ke dalam produk perbankan.

"Mengingat Alfamart punya gerai yang berlokasi di seluruh penjuru Indonesia sehingga dapat diakses masyarakat, termasuk masyarakat yang saat ini belum terjangkau oleh layanan perbankan," kata Basuki.

Advertisement

Namun, keduanya belum menentukan waktu layanan ini akan beroperasi. Bentuk layanan dalam kerja sama antara Alfamart dan Bank Aladin secara rinci masih disiapkan. Hal itu meliputi kepatuhan prosedur, teknologi, termasuk infrastruktur agar semua berjalan lancar.

 

Pada kesempatan yang sama, Presiden Direktur Alfamart Anggara Hans Prawira mengatakan, dengan 15 ribu gerai yang dimiliki, Alfamart melayani lebih dari 4 juta pelanggan dalam sehari. Basis pelanggan ini merupakan potensi yang sangat besar untuk dapat dilayani oleh produk layanan perbankan syariah.

"Sekaligus memajukan literasi perbankan masyarakat melalui gerai yang mudah dijangkau dan akrab dengan masyarakat luas," kata Hans.

Dengan perkembangan perbankan sistem digital, Hans menilai bisa menjadi keuntungan tersendiri karena dapat diintegrasikan dengan layanan fisik di gerai Alfamart. Layanan perbankan online dan offline dinilai merupakan bentuk inovasi perbankan masa depan yang tepat yang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Marketing Director Alfamart Ryan Alfons Kaloh mengatakan, Alfamart membuka peluang kepada para mitra bisnis untuk melakukan kerja sama. Jadi, bukan hanya dengan Bank Aladin saja, tapi dengan bank-bank lainnya.

Ryan mengatakan, alasan mendasar untuk menjalin kerja sama dengan Bank Aladin, karena sebagai bank syariah, Alfamart percaya peluang pasarnya sangat besar di Indonesia dan relevan dengan kebutuhan keuangan konsumen Alfamart.

"Ke depannya, peran bank digital akan lebih cepat dalam mendorong inklusi keuangan di negeri ini. Dominasi generasi milenial yang sangat digital savvy, sehingga lebih relevan dengan kebutuhan mereka," kata Ryan.

Alasan berikutnya, Alfamart menilai mampu mengoptimalkan kehadiran lebih dari 15 ribu gerai Alfamart serta memadukan kemampuan perbankan syariah digital yang dimiliki Bank Aladin. Sehingga, kedua pihak akan menggabungkan layanan nasabah dalam bentuk omnichannel.

"Ini pasti merupakan satu pengalaman yang unik dan baru bagi konsumen," kata Ryan.

Melalui ekosistem, Alfamart melihat ekosistem yang dibentuk Bank Aladin akan memberikan banyak kemudahan bagi konsumen alfamart sekaligus akan menjadi nilai tambah bagi nasabah Bank Aladin.

Alasan lainnya kerja sama ini adalah manajemen Alfamart melihat adanya kekuatan dari manajemen tim Bank Aladin yang berpengalaman, baik dalam bidang perbankan maupun fintech.

"Diharapkan mampu memberikan value added tersendiri pada kerja sama dengan Bank Aladin dan Alfamart," kata Ryan.

Gandeng Halodoc Beri Kemudahan untuk Nasabah Aladin

Selain melakukan kerja sama pemanfaatan 15 ribu gerai Alfamart, Bank Aladin juga merangkul PT Media Dokter Investama (Halodoc) dalam kerja sama. Kerja sama ini dilakukan untuk mendukung layanan kesehatan masyarakat agar dapat diakses lebih luas.

Co-Founder & Chief Business Officer Halodoc Doddy Lukito mengatakan, Halodoc hanya memiliki satu misi, yaitu untuk memudahkan akses layanan kesehatan bagi masyarakat Indonesia. Namun disadari, misi itu tidak dapat dicapai sendirian.

"Kami sangat bersyukur dapat bertemu banyak institusi dan perusahaan yang juga memiliki visi dan misi yang sama, memberikan kemudahan akses kesehatan," kata Doddy.

Kolaborasi ini diimplementasikan bersama dengan Bank Aladin, dimana para karyawan dan nasabah bank akan mendapatkan akses dan kemudahan layanan kesehatan digital di platform Halodoc.

Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Lavinda
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait