Targetkan Tambahan 1 Juta Nasabah, Bank MNC Gandeng XL Axiata

Image title
12 Agustus 2021, 13:11
Bank MNC, XL Axiata
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/aww.
Petugas melayani pelanggan provider XL Axiata di XL Center Fatmawati, Jakarta, Kamis (14/5/2020).

PT Bank MNC Internasional Tbk atau MNC Bank (BABP) dan PT XL Axiata Tbk (EXCL) menjalin kemitraan strategis untuk mempromosikan bank digital MotionBanking. Dalam kesepakatan, XL Axiata berkolaborasi untuk menambah minimal 1 juta pengguna baru MotionBanking melalui promosi dan insentif khusus bagi pengguna XL Axiata.

CTO MNC Group Yudi Hamka mengatakan, kolaborasi antara XL Axiata dan MotionBanking telah membuka era baru kolaborasi antara operator telekomunikasi dan digital banking.

Kemitraan ini menggabungkan ekosistem besar MNC Group, termasuk media, teknologi keuangan, dan kekuatan digital berbasis pengguna XL Axiata.

"Layanan operator selulernya (XL Axiata) akan memberdayakan ekonomi digital dan inklusi keuangan," kata Yudi dalam siaran pers yang diterima Katadata.co.id, Kamis (12/8).

Director and Chief Commercial Officer Consumer XL Axiata, David Arcelus Oses mengatakan kerja sama ini strategis karena selaras dengan agenda transformasi digital perusahaan.

Kerja sama ini juga merupakan bagian dari komitmen dan kontribusi XL Axiata untuk mendukung perkembangan ekonomi digital di Indonesia melalui teknologi.

"Kami yakin kerja sama ini akan memberikan akses untuk mempercepat inklusi keuangan bagi masyarakat," kata David.

XL Axiata akan mendukung promosi bank digital milik Bank MNC tersebut di platformnya. Sebagai imbalannya, XL Axiata akan mendapatkan keuntungan tertentu, termasuk hak untuk mendapatkan iklan baru di platform media MNC.

Konektivitas seluler yang menyebar dan basis pengguna XL Axiata yang masif, dinilai bisa membentuk landasan bagi layanan perbankan digital. Kolaborasi antara keduanya, diharapkan menjadi solusi ideal integrasi dengan kondisi ekonomi digital saat ini.

Ekspansi masa depan berupa simbiosis antara perbankan dan perusahaan telekomunikasi, tak terelakkan mengingat makin maraknya penggunaan telepon seluler dan masyarakat cashless.

Posisi XL Axiata dinilai strategis untuk meningkatkan inklusi keuangan di era sekarang ini. Pasalnya, jumlah orang yang memiliki telepon seluler melebihi jumlah orang yang memiliki rekening bank.

Dominasi MNC di industri media massa bisa mendukung literasi keuangan, ditambah dengan XL Axiata yang punya 56 juta basis pengguna smartphone. Hal ini menciptakan sinergi untuk mengatasi masalah rendahnya inklusi keuangan di Indonesia.

Advertisement

Yudi menjelaskan, XL merupakan pasangan yang serasi dengan emiten berkode saham BABP tersebut. Pasalnya, penetrasi internet dan telepon pintar yang tinggi, karena telepon pintar merupakan saluran penting untuk perbankan digital.

Penetrasi internet di Indonesia mencapai 73% dan telepon pintar mencapai 70%. Penetrasi tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan penetrasi perbankan yang hanya 23% fully banked dan 26% underbanked.

"Hal ini menjadikan XL Axiata mitra yang sempurna," kata Yudi.

Dengan tersedianya lebih dari 156 ribu BTS mencakup 95% populasi di seluruh Indonesia, MotionBanking ditargetkan mampu menembus lebih dari 56 juta pengguna XL Axiata.

Adanya kerja sama ini diharapkan membuat masyarakat unbanked dengan smartphone akan memiliki akses ke layanan keuangan yang ditawarkan. Strategi ini juga memungkinkan MotionBanking menawarkan berbagai produk dan layanan, termasuk fasilitas investasi dan kredit.

Dengan bantuan analisis dan otomatisasi big data, XL Axiata dapat menjadi mesin untuk menyediakan personalisasi layanan keuangan sesuai dengan kebiasaan dan kebutuhan masing-masing pengguna.

"MotionBanking memperoleh akses ke kumpulan nasabah yang lebih besar sekaligus meningkatkan profil pinjaman dan memperkuat target pasarnya," kata Yudi.

Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Lavinda
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait