Cegah Covid-19, Erick Thohir Imbau Warga Medan Gunakan Kapal Isoter

Image title
Oleh Lavinda
22 Agustus 2021, 10:01
Erick Thohir, BUMN, Kapal Isolasi Mandiri, Covid-19
Katadata
Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengimbau warga Medan untuk memanfaatkan Kapal Isolasi Mandiri Terapung (Isoter) PT Pelni (Persero) yang bersandar di pelabuhan. Hal ini perlu dilakukan untuk mempercepat mencegah penularan Covid-19 lebih luas di wilayah Sumatera Utara.

Hal itu disampaikan saat meninjau kesiapan KM (Kapal Motor) Bukit Raya sebagai sarana isoter bagi pasien Covid-19 Kota Medan di Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatera Utara, Sabtu (21/8). Dalam kunjungan tersebut Erick Thohir didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Wali Kota Medan Bobby Nasution, dan Direktur Utama Pelindo 1 Prasetyo.

Menurut dia, penyediaan sarana isolasi terapung yang kedua, setelah di Makassar ini, menunjukkan bahwa pemerintah dan perusahaan BUMN siap menyediakan fasilitas dalam upaya meringankan beban rakyat, terutama bagi pasien Covid-19 dengan gejala ringan dan Orang Tanpa Gejala (OTG) di Kota Medan.

"Ini langkah inovasi dan bukti kehadiran pemerintah yang bisa dilakukan di daerah lain yang butuh ruang isolasi dalam jumlah besar," ujar Erick dalam keterangan tertulis, Sabtu (21/8).

Sarana isoter di atas KM Bukit Raya ini disiapkan oleh PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 dengan menyediakan pelayanan dan fasilitas bersandar di dermaga bagi kapal laut milik PT Pelni tersebut. Selain itu, Pelindo 1 juga memastikan keamanan di lingkungan kapal, membuka akses khusus ke kapal isoter, pembatasan akses ke kegiatan bongkar muat, dan suplai air bersih melalui PDAM Tirtanadi.

Selanjutnya, fasilitas 450 unit tempat tidur untuk pasien dan 13 unit untuk tenaga kesehatan di atas KM Bukit Raya disiapkan oleh Pemkot Medan. Fasilitas Isoter ini akan difungsikan untuk waktu lama oleh pemerintah kota Medan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Medan, khususnya Medan Utara.

Kapal Isoter ini, menurut dia, dilengkapi dengan fasilitas dari pemerintah, berupa pendampingan, layanan tenaga kesehatan, dan obat-obatan. "Mohon para warga yang ada di Medan yang butuh ruang isolasi dengan fasilitas lengkap, kami sarankan jangan ragu bergabung dalam isoter,” kata Erick.

Menteri Perhubunga Budi Karya Sumadi mengatakan, salah satu kunci menangani Covid-19 ini adalah penyediaan fasilitas isoter yang memadai.

Meurut dia, selama ini fasilitas isolasi mandiri ada di darat, dan kebetulan kapal Pelni tidak berkegiatan selama masa pandemi. Maka itu, pemerintah berinisiatif menggunakannya sebagai isoter.

Direktur Utama Pelindo 1 Prasetyo menyampaikan pihaknya dan Pelni membuat beberapa program kegiatan pendukung untuk para pasien isoter, seperti kegiatan olahraga dan rekreasional untuk mengusir kejenuhan

Pihaknya juga menyediakan fasilitas olah raga senam, tenis meja, dan catur. Sedangkan untuk kegiatan rekreasional, kami menyiapkan fasilitas memancing, bioskop, berjemur, serta makanan dan minuman yang bekerja sama dengan usaha menengah, kecil, dan mikro di wilayah setempat.

Advertisement

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait