Suntik Modal Usaha TI, Entitas Sinar Mas Group Rilis Obligasi Rp 705 M

Image title
Oleh Lavinda
30 Agustus 2021, 16:56
Sinar mas Group, Sinarmas, Obligasi
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Ilustrasi uang rupiah

Entitas Sinarmas Group bidang keuangan, PT Sinar Mas Multiartha Tbk menerbitkan Obligasi Berkelanjutan II Tahap I 2021 dengan jumlah pokok Rp 705 miliar. Penawaran ini merupakan bagian dari Obligasi Berkelanjutan II dengan total target dana Rp 5 triliun.

Sebagian besar dana hasil penerbitan obligasi akan digunakan untuk melakukan penyertaan modal ke entitas usaha di bidang teknologi informasi.

Simar Mas Multiartha menerbitkan obligasi berkelanjutan tahap I ini dalam tiga seri. Seri A ditawarkan sebesar Rp 507 miliar dengan tingkat bunga tetap 6,75% per tahun dan jangka waktu 1 tahun. Pembayaran obligasi dilakukan secara penuh saat tanggal jatuh tempo.

Sementara itu, Obligasi Seri B ditawarkan senilai Rp 79,7 miliar dengan bunga 8% dan jangka waktu 2 tahun. Obligasi Seri C senilai Rp 119 miliar dengan bunga 8,75% dan tenor 3 tahun. Bunga obligasi dibayarkan setiap 3 bulan sejak tanggal emisi, sesuai dengan tanggal pembayaran masing-masing bunga obligasi.

"Perusahaan akan menggunakan dana hasil penerbitan obligasi untuk meningkatkan penyertaan terhadap anak usaha PT Shinta Utama sebesar Rp 466,2 miliar," demikian tertulis dalam prospektus yang diterbitkan perusahaan pada Senin (30/8).

Kegiatan utama Shinta Utama adalah investasi berupa penyertaan saham, perdagangan dan jasa. Shinta utama membutuhkan dana untuk investasi berupa penyertaan saham, modal kerja serta penambahan modal kerja pada perusahan PT Data Opal Terpadu, PT Sistem Lokal Triprima dan PT Zimba Onix Mustika. Ketiga entitas itu merupakan pihak yang terafiliasi dengan perusahaan.

Sisanya, dana sebesar Rp 233,06 miliar akan digunakan untuk meningkatkan penyertaan anak usaha PT Arthamas Solusindo yang bergerak di bidang jasa informasi. Perusahaan membutuhkan dana untuk membeli barang modal yang berhubungan dengan teknologi informasi (TI), seperti pembelian piranti lunak (software), piranti keras (hardware), pelatihan, modal kerja lain, dan investasi.

Berperan sebagai pelaksana emisi efek dan penjamin emisi efek antara lain, PT BRI Danareksa Sekuritas, PT Sinarmas Sekuritas, dan PT Aldiracita Sekuritas Indonesia. Sementara itu, PT Bank KB Bukopin Tbk berperan sebagai wali amanat.

Obligasi tidak dijamin dengan jaminan khusus berupa benda atau pendapatan atau aktiva lain milik perusahaan dalam bentuk apapun, serta tidak dijamin oleh pihak manapun. Terkait penerbitan obligasi ini, perusahaan memperoleh peringkat obligasi AA dari PT Kredit Rating Indonesia.

Masa penawaran umum obligasi berkelanjutan berlangsung pada 30 Agustus - 1 September 2021, sementara penjatahan dilakukan pada 3 September, dan distribusi obligasi dilakukan pada 7 September. Obligasi berkelanjutan ini akan dicatatkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 8 September 2021.

Sinar Mas Multiartha merupakan entitas Sinarmas Group yang bergerak di bidang keuangan dan asuransi, aktivitas profesional, ilmiah dan teknis, serta perdagangan besar.

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait