Meneropong Asal-Muasal Tumpukan Utang Jumbo Waskita Karya
PT Waskita Karya (Persero) Tbk tengah bergelut dengan tumpukan utang jumbo yang mencapai Rp 89,2 triliun sampai akhir 2020. Namun, perusahaan memperoleh banyak dukungan dari pemerintah melalui berbagai saluran. Lalu, apa saja yang membuat utang perusahaan konstruksi pelat merah itu menggunung?
Jumlah utang emiten berkode saham WSKT ini terdiri dari, utang bank dan obligasi Rp 65,3 triliun, dan 19 proyek dengan nilai investasi sebesar Rp 27,81 triliun yang mayoritas berasal dari aktivitas akuisisi.
Proyek Waskita Karya terbagi atas dua jenis, jalan tol dan transmisi listrik. Sebanyak 16 proyek merupakan jalan tol, di mana hanya 3 ruas yang didapatkan melalui proses tender. Sisanya merupakan akuisisi yang sebagian merupakan penugasan dari pemerintah. Beberapa di antaranya, Waskita karya diminta mengakuisisi tol Trans Jawa dari pihak swasta yang mangkrak.
"Pada 2015-2017, Waskita cukup agresif mengambil tol-tol yang memang sudah ada BPJT tetapi tidak berjalan optimal di Trans Jawa," kata Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo dalam rapat dengan anggota DPR Komisi VI, awal pekan ini.
Oleh karena membutuhkan total pendanaan Rp 27,81 triliun, utang Waskita Karya pada periode 2017-2020 cenderung naik. Puncaknya pada 2019, utang BUMN konstruksi tersebut mencapai Rp 70,9 triliun kepada pihak bank dan obligasi, di luar utang kepada vendor.
Proyek-Proyek PT Waskita Karya Tbk (WSKT) | ||||||
No | Nama Proyek | Kepemilikan | Panjang | Asal | Tahun Akusisi/Tender | Nilai Investasi |
Jalan Tol | ||||||
1 | Kanji-Pejagan | 100% | 35 km | Akusisi | 2015 | Rp 2,04 |
2 | Pejagan-Pemalang | 100% | 57,5 km | Akusisi | 2014 | Rp 0,86 |
3 | Pemalang-Batang | 60% | 39,2 km | Akusisi | 2016 | Rp 1,40 |
4 | Batang-Semarang | 40% | 75 km | Tender | 2015 | Rp 1,65 |
5 | Pasuruan-Probolinggo | 100% | 44 km | Akusisi | 2017 | Rp 1,34 |
6 | Krian-Legundi-Bunder | 100% | 38,3 km | Akusisi | 2016 | Rp 3,00 |
7 | Bekasi-Cawang-Kampung Melayu | 70% | 16,1 km | Akusisi | 2014 | Rp 2,58 |
8 | Cimanggis-Cibitung | 90% | 25,4 km | Akusisi | 2015 | Rp 0,55 |
9 | Cibitung-Cilincing-Tanjung Priok | 55% | 34 km | Akusisi | 2017 | Rp 1,27 |
10 | Cinere-Serpong | 35% | 10,2 km | Akusisi | 2015 | Rp 0,30 |
11 | Depok-Antasari | 25% | 27,5 km | Akusisi | 2015 | Rp 0,49 |
12 | Bogor-Ciawi-Sukabumi | 100% | 54 km | Akusisi | 2015 | Rp 2,20 |
13 | Cileunyi-Sumedang-Dawuan | 15% | 60 km | Tender | 2015 | Rp 0,13 |
14 | Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi | 30% | 61,7 km | Akusisi | 2015 | Rp 0,46 |
15 | Kayu Agung-Palembang-Betung | 98% | 112 km | Akusisi | 2016 | Rp 0,59 |
16 | Kuala Tanjung-Tebing Tinggi | 30% | 143 km | Tender | 2017 | Rp 0,05 |
Sub Jumlah Jalan Tol | 832,9 km | Rp 18,90 | ||||
Transmisi Listrik | ||||||
17 | Transimisi 500 KV Sumatera Paket 1 | 556 tower | Tender | Rp 3,50 | ||
18 | Transimisi 500 KV Sumatera Paket 2 | 379 tower | Tender | Rp 2,60 | ||
19 | Transimisi 500 KV Sumatera Paket 3 | 639 tower | Tender | Rp 2,80 | ||
Sub jumlah transmisi listrik | 1574 tower | Rp 8,90 | ||||
JUMLAH | Rp 27,81 | |||||
Sumber: Kementerian BUMN, 27 Sepetmber 2021 |
Total utang Waskita Karya yang berhubungan dengan pembangunan jalan tol mencapai Rp 52,9 triliun pada 2020. Jumlah itu terdiri dari utang langsung Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Rp 23,9 triliun dan yang terkait BUJT secara tidak langsung Rp 29 triliun.
Tekanan keuangan Waskita Karya tidak hanya terjadi pada kenaikan utang, tetapi juga dari sisi pendapatan. Pada 2019, sebelum pandemi Covid-19, pendapatan perusahaan tercatat Rp 31,4 triliun atau turun hingga 35,65% dari 2018 yakni, Rp 48,8 triliun. Pendapatannya makin anjlok pada 2020 dihantam pandemi Rp 16,2 triliun, merosot 48,4% secara tahunan.
Di tengah penurunan pendapatan dan besarnya utang karena penugasan akuisisi dari pemerintah, Waskita Karya absen mendapat suntikan penyertaan modal negara (PMN). Berbeda dengan yang BUMN Karya lain, Waskita mengerjakan proyek Trans-Jawa hingga selesai, kemudian baru mendapat PMN.
"Ini membuat kondisi keuangan Waskita mengalami pemburukan signifikan," kata Tiko, sapaan akrabnya.
Salah satu upaya untuk menyehatkan kembali keuangan Waskita dengan melakukan divestasi proyek-proyek yang ada atau asset recycling. Hal ini dinilai mampu mengurangi beban utang yang berasal dari investasi dan konstruksi jalan tol.