Indointernet Luncurkan Pusat Data, 55% Kapasitas Sudah Dikontrak

Indointernet bermitra dengan dengan DCI Indonesia, perusahaan afiliasinya, untuk mengadopsi standar desain infrastruktur, standar operasional, atau service level agreement (SLA).
Image title
22 Oktober 2021, 18:36
Indointernet, Pusat Data, Emiten
DCI
Ilustrasi pusat data

PT Indointernet Tbk (EDGE) meluncurkan pusat data (data center) pertamanya melalui anak usaha, PT Ekagrata Data Gemilang.

Presiden Direktur Ekagrata Data Gemilang Stephanus Oscar mengatakan, meski baru diluncurkan, pusat data ini sudah ramai peminat. Buktinya, sebanyak 55% dari total kapasitasnya telah mendapatkan kontrak dari pelanggan.

Ia mengatakan data center ini merupakan batu loncatan untuk menciptakan ekosistem yang saling terhubung dan dekat dengan pengguna akhir.

"Kami berkomitmen untuk membangun fasilitas data center kelas dunia di pusat Jakarta dengan rencana ke depan untuk membangun kapasitas IT Load dari 40 MW," kata Stephanus dalam konferensi pers peluncuran data center secara virtual, Jumat (22/10).

Data center pertama milik perusahaan ini memiliki daya 6,0 MW, didukung oleh konfigurasi dual power yang memungkinkan konektivitas latensi rendah dan transfer data lebih cepat.

Data center ini berlokasi di pusat Jakarta dekat dengan Major Internet Exchange dan pengguna akhir. Fasilitas ini dibangun dengan total delapan lantai, termasuk lima lantai data hall yang dapat menampung hingga 1.300 rak.

Ke depan, perusahaan berencana membangun infrastruktur dengan total kapasitas lebih dari 40 MW IT Load di pusat Jakarta yang berlokasi dekat dengan pusat data pertama. Ekagrata Data Gemilang telah mengakuisisi situs kedua dengan luas tanah 6.000 m2.

Ekagrata Data Gemilang bermitra dengan PT DCI Indonesia Tbk (DCII), perusahaan afiliasi. Di bawah kemitraan, perusahaan mengadopsi standar DCI seperti desain infrastruktur, standar operasional, atau service level agreement (SLA). Dengan standar tersebut, downtime yang dapat ditoleransi kurang dari 5 menit per tahun.

Presiden Direktur Indointernet Karla Winata mengatakan, semakin banyak bisnis yang beralih menggunakan teknologi dan adopsi digital yang lebih besar, menyediakan infrastruktur teknologi informasi merupakan faktor penting untuk mendukung pertumbuhan bisnis.

Ekagrata Data Gemilang dinilai bisa menggabungkan infrastruktur kelas dunia dengan lokasi strategis yang dekat dengan pusat jaringan utama. Pasalnya, perusahaan didukung oleh perusahaan induknya, Indointernet dalam menyediakan jaringan dan infrastruktur.

"Pelanggan di Ekagrata Data Gemilang juga dapat menggunakan interkonektivitas berkecepatan tinggi yang diperlukan bagi bisnis agar dapat berkembang dengan cepat,” kata Winata.

Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Lavinda
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait