Vidio Milik Grup Emtek Disuntik Pemodal Asing Affinitty Rp2,14 Triliun

Andi M. Arief
2 November 2021, 20:10
Vidio, Grup Emtek
Google Play Store
Ilustrasi platform Vidio

Platform over the top (OTT) milik PT Surya Citra Media Tbk (SCMA), PT Vidio Dot Com (Vidio), memperoleh pendanaan senilai US$ 150 juta atau setara Rp 2,14 triliun (asumsi kurs Rp 14.287/US$) dari perusahaan ekuitas swasta Asia, Affinitty Equity Partners. Ini merupakan investasi eksternal pertama bagi Vidio.

Berdasarkan keterangan tertulis, Vidio memiliki penilaian harga sebelum memperoleh investasi atau pre-money valuation senilai US$ 750 juta. Artinya, Affinity diperkirakan akan memiliki sekitar 16,66% saham entitas Grup Elang Mahkota Teknologi (Emtek) tersebut.

Persentase kepemilikan saham yang cukup tinggi membuat pihak Affinity berhak bergabung dengan jajaran direksi Vidio. Keduanya juga akan bermitra untuk mempercepat pertumbuhan dan memperluas kepemimpinan pasarnya di Indonesia.

Secara rinci disebutkan, investasi ini akan mendukung Vidio untuk mengembangkan Vidio  Original  Series, dan memperkaya  konten  dengan  menambah  lisensi  konten  olahraga. Selain itu, berinvestasi  untuk mengedepankan  pengalaman  pelanggan  dalam  menyaksikan  tayangan  langsung atau live streaming  disertai gamifikasi.

"Kami akan berusaha untuk terus fokus pada pengguna dengan menawarkan pengalaman streaming dan konten premium eksklusif bagi pengguna Vidio," kata CEO Vidio Sutanto Hartono dalam keterangan resmi, dikutip Selasa (2/11). 

Managing  Director  dan  Head  of  South  East Asia Affinity Benny Lim mengatakan pihaknya akan memanfaatkan jaringan yang luas untuk mendukung inisiatif pertumbuhan Vidio, khususnya di bidang konten dan gamifikasi.

“Dengan ekosistem media dan digital yang dimiliki Emtek, ditambah posisi Vidio sebagai yang terdepan, dan tim manajemen yang kuat, ini merupakan faktor penting dalam perjalanan Vidio di industri OTT Indonesia yang dinamis," ujarnya.

Sebagai bagian dari ekosistem digital dan media Grup Emtek, menurut Benny, Vidio memiliki keuntungan langsung melalui sinergi aset-aset di seluruh rantai pasok perusahaan.

Sebelumnya, Affinity telah berinvestasi di sejumlah platform media dan hiburan, antara lain: Loan Entertainment,  TEG,  dan  Skylife. Perusahaan juga berinvestasi di sejumlah perusahaan teknologi di Asia yakni, MDAQ,  SSG.com,  JobKorea,  dan Yogiyo.

Berdasarkan laporan perusahaan, angka pengguna aktif Vidio tercatat sebesar 62 juta hingga September 2021. Manajemen mengklaim Vidio menjadi pemimpin pasar jika melihat beberapa faktor seperti, aplikasi nomor satu  dalam kategori  Entertainment  di  Google  Play  Store, menduduki peringkat pertama dalam kategori OTT dengan  unique  visitors, dan OTT dengan pengguna aktif terbesar di Asia Tenggara.

Reporter: Andi M. Arief
Editor: Lavinda

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...