Setelah Tutup Giant, HERO Buka Cabang IKEA Baru di Bali

Sebelumnya, HERO menjual tanah dan bangunan IKEA Sentul City di Bogor senilai Rp 280 miliar.
Image title
23 November 2021, 12:47
Hero, Ikea, Bali
ANTARA FOTO/Fauzan/wsj.
Seorang pengunjung membawa barang belanjaannya menggunakan troli di IKEA, Kota Tangerang, Banten, Selasa (19/1/2021).

PT Hero Supermarket Tbk terus berupaya memperbaiki kinerja operasional dengan membuka gerai retail mebel baru di Bali. Emiten berkode saham HERO ini melakukan ekspansi melalui anak usahanya, yakni PT Rumah Mebel Nusantara atau IKEA Indonesia.

Sebelumnya, Hero Supermarket terpaksa menutup supermarket Giant pada Agustus 2021, dan beralih ke investasi bisnis retail dengan jenis dan merek lain, yakni IKEA, Guardian, dan Hero Supermarket. Karyawan Giant yang terdampak penutupan gerai dapat melamar kerja di lini bisnis retail lain.

Presiden Director IKEA Indonesia Patrik Lindvall mengatakan, peresmian IKEA Indonesia di Pulau Dewata menjadi ekspansi pertama di luar Jawa. Tenaga kerja yang digunakan untuk mengoperasikan toko itu mayoritas berasal dari Bali.

"Untuk pertama kalinya, IKEA hadir di luar Pulau Jawa. Kami percaya IKEA Bali dapat enjadi destinasi pilihan untuk siapapun yang ingin melihat solusi dan inspirasi perabot rumah tangga khas IKEA," kata Patrik dalam keterangan resmi, Selasa (23/11).

Dalam pengoperasiannya, IKEA Bali meluncurkan program Teras Indonesia setelah bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Bali. Program itu memungkinkan UMKM Mebel di Bali untuk memajang produk mereka di area IKEA Bali.

Patrik berharap pihaknya dapat menjadi tetangga yang baik bagi pengrajin mebel di Pulau Dewata. "Kami juga hadir untuk memuat perbedaan dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat," ucap Patrik.

Pelanggan IKEA di Bali kini dapat berbelanja secara daring dan menikmati pengiriman gratis di IKEA Bali. Pelanggan berdomisili Bali juga langsung dapat meminta pengiriman produk IKEA langsung ke rumah dengan biaya terjangkau. Di samping itu, pelanggan IKEA Bali dapat mencicipi makanan asal Swedia khas IKEA yang akan tersedia di Swedish Deli.

Di sisi lain, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta mengatakan keberadaan IKEA Bali dapat berkontribusi mengungkit perekonomian lokal. Adapun, tenaga kerja di IKEA bali akan menggunakan seragam pakaian tradisional Bali untuk melestarikan budaya lokal.

IKEA Bali juga bekerja sama dengan seniman lokal Citra Sasminta untuk memproduksi lukisan mural dan patung kuda DALA yang terinspirasi dari budaya Bali. Kegiatan itu bertujuan untuk memvisualisasikan kenyamanan, kehangatan, dan harmoni di tengah keluarga.

Sebelumnya, HERO menjual tanah dan bangunan IKEA Sentul City di Bogor senilai Rp 280 miliar. Dana segar itu digunakan mengurangi pinjaman dan mendukung kebutuhan modal kerja dan operasional perusahaan.

Aksi korporasi itu dinilai akan berdampak positif pada laporan keuangan perseroan, khususnya nilai buku ekuitas. Neraca keuangan HERO juga telah menurun signifikan dengan posisi kas bersih Rp 168 milliar sampai Desember 2020, sedangkan posisi utang bersih tercatat Rp 463 milliar pada 31 Desember 2020.

Per Mei 2021, HERO mengumumkan perubahan pendekatan perdagangannya. Beberapa di antaranya dengan meningkatkan investasi di merek dagang IKEA, Guardian, dan Hero Supermarket dan beralih dari merek Giant.

Alhasil, perseroan telah menjajaki divestasi sejumlah properti yang dimiliki untuk memberi fleksibilitas neraca yang lebih baik. Hal ini dilakukan untuk menunjang jalannya kegiatan usaha selama pandemi COVID-19 serta inisiatif pertumbuhan di masa depan.

Berdasarkan data RTI Infokom, saham HERO menunjukkan tren pertumbuhan positif. Secara year-to-date, HERO tumbuh 122,89% dari posisi penutupan 2020 di level 830 menjadi 1850.

HERO tercatat mengalami lonjakan tajam per Mei 2021 ke level 1.730. Adapun, posisi tertinggi HERO hingga saat ini adalah 1.900 pada Juli 2021. 

Reporter: Andi M. Arief
Editor: Lavinda
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait