Sinar Mas Agro Terbitkan Obligasi Rp 1 Triliun Untuk Bayar Utang

Masa penawaran umum obligasi Sinar Mas Agro Resources and Technology akan berlangsung pada 9-11 Februari 2022.
Image title
28 Januari 2022, 13:50
Sinar Mas
123rf.com/asnida marwani
Ilustrasi lahan kelapa sawit, CPO

Emiten perkebunan PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk (SMAR) akan menerbitkan obligasi dengan target dana senilai Rp 1 triliun.

Dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Obligasi Berkelanjutan III SMART Tahap III Tahun 2022 ini akan ditawarkan dalam tiga seri.

Seri A memiliki nilai pokok Rp 100 miliar dengan tingkat bunga tetap 5,00% per tahun dan tenor 370 hari. Kemudian, Seri B berjumlah pokok Rp 625 miliar dengan tingkat bunga tetap 7,25% per tahun dan jangka waktu tiga tahun. Sementara itu, Seri C ditawarkan dengan jumlah pokok Rp 275 miliar dengan tingkat bunga tetap 8,25% per tahun dan tenor lima tahun.

Adapun, pembayaran bunga obligasi pertama akan dilakukan pada 16 Mei 2022, sedangkan pembayaran bunga obligasi terakhir sekaligus jatuh tempo obligasi masing-masing adalah pada 26 Februari 2023 untuk Obligasi Seri A, 16 Februari 2025 untuk Obligasi Seri B dan 16 Februari 2027 untuk Obligasi Seri C. 

Advertisement

"Setelah dikurangi dengan biaya-biaya emisi terkait, dana yang diperoleh seluruhnya akan dipergunakan untuk pembayaran sebagian pokok utang bank jangka panjang perseroan, yang merupakan angsuran pokok pada saat jatuh tempo dan sebagian pokok utang obligasi pada saat jatuh tempo," tulis manajemen, dikutip Jumat (28/1).

Berdasarkan laporan keuangan, per September 2021, SMAR memiliki utang bank jangka panjang yang bakal jatuh tempo dalam setahun sebesar Rp 1,45 triliun dan utang bank jangka panjang Rp 5,12 triliun.

Kemudian, utang obligasi yang bakal jatuh tempo dalam setahun sebesar Rp 1,39 triliun dan utang obligasi jangka panjang Rp 3,09 triliun.

Sebagai informasi, masa penawaran umum obligasi ini akan berlangsung pada 9-11 Februari 2022. Lalu, tanggal penjatahan jatuh pada 14 Februari 2022, pengembalian uang pemesanan pada 15 Februari 2022, serta distribusi secara elektronik pada 16 Februari 2022. Selanjutnya, obligasi ini akan tercatat di BEI pada 17 Februari 2022.

Pemesanan pembelian obligasi harus dilakukan dalam jumlah sekurang-kurangnya Rp 5 juta dan/atau kelipatannya. Adapun, obligasi ini tidak dijamin dengan jaminan khusus, melainkan dengan seluruh harga kekayaan perseroan, baik barang bergerak maupun tidak bergerak yang telah ada maupun yang akan ada di kemudian hari.

Bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi obligasi dan penjamin emisi obligasi adalah PT BCA Sekuritas, PT CIMB Niaga Sekuritas, dan PT Sucor Sekuritas. Sementara itu, PT Bank Mega Tbk bertindak sebagai wali amanat.

Sebelumnya, SMAR telah menerbitkan obligasi masing-masing senilai Rp 1,5 triliun dan Rp 2,5 triliun. Adapun, secara keseluruhan PUB III ini memiliki target dana sebesar Rp 5 triliun.

Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Lavinda
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait