Pemegang Saham Semen Baturaja Rombak Susunan Direksi dan Komisaris

Pemegang saham mengangkat Daconi sebagai Direktur Utama Semen Baturaja, menggantikan pejabat sebelumnya, Jobi Triananda Hasjim.
Image title
Oleh Lavinda
27 Maret 2022, 11:05
Semen Baturaja
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/wsj.
Pekerja melihat telepon pintarnya dengan latar belakang layar pergerakan harga saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (31/3/2021).

Pemegang saham PT Semen Baturaja (Persero) Tbk (SMBR) sepakat merombak sejumlah petinggi di jajaran direksi dan komisaris perusahaan.  Salah satunya mengangkat Daconi sebagai direktur utama perusahaan, menggantikan pejabat sebelumnya, Jobi Triananda Hasjim.

Sebagai informasi, sebelumnya Daconi menjabat sebagai Direktur Produksi dan Pengembangan Semen Baturaja sejak 2017. Jauh sebelum itu, dia bekerja di PT Chandra Asri Petrochemical pada periode 1995-1997, dan mengabdi pada divisi Hubungan Masyarakat PT Semen Padang untuk periode 1997-2017.  

Hal ini disepakati para pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2021 di Wisma Antara, Jakarta Pusat, Jumat (25/03). Rapat dipimpin langsung oleh Komisaris Utama Semen Baturaja, Franky Sibarani.

"Perubahan susunan pengurus perseroan dilandasi oleh kebutuhan dalam menghadapi tantangan terhadap BUMN ke depannya," ujar Franky dalam keterangan tertulis, dikutip Minggu (27/3).

Advertisement

Franky mengatakan, perseroan memberikan apresiasi atas kontribusi pengurus perseroan yang diganti dalam menjaga kinerja keuangan dan operasional Semen Baturaja.

Selanjutnya, posisi Daconi sebagai direktur produksi dan pengembangan digantikan oleh Suherman Yahya. Kemudian, M. Jamil yang sebelumnya menjabat sebagai direktur keuangan dan manajemen risiko digantikan oleh Tubagus Muhammad Dharury.

Tak hanya itu, pemegang saham juga sepakat mengangkat Gatot Mardiana sebagai direktur umum dan sumber daya manusia, menggantikan pejabat sebelumnya, Amrullah.

Dari jajaran pengawas perusahaan, pemegang saham memberhentikan Endang Tirtana sebagai komisaris independen. Pada saat bersamaan juga mengangkat kembali Oke Nurwan sebagai komisaris perusahaan.


Dengan demikian, susunan pengurus Semen Baturaja terbaru berdasarkan keputusan RUPST Tahun Buku 2021 sebagai berikut :
Komisaris Utama : Franky Sibarani
Komisaris : Oke Nurwan
Komisaris Independen : Darusman Mawardi
Komisaris Independen : Chowadja Sanova

Direktur Utama : Daconi
Direktur Produksi & Pengembangan : Suherman Yahya
Direktur Keuangan : Tubagus Muhammad Dharury
Direktur Umum & SDM : Gatot Mardiana
Direktur Pemasaran : Mukhamad Saifudin 

 

Para pemegang saham menghadiri acara RUPST secara luring maupun daring sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku. Kali ini, pemegang saham memberikan persetujuan untuk tujuh mata acara, antara lain, persetujuan laporan tahunan direksi, laporan pelaksanaan tugas pengawasan dewan komisaris, dan pengesahan laporan keuangan tahun buku 2021.

Selain itu, pemberian pelunasan dan pembebasan tanggung jawab sepenuhnya kepada direksi dan dewan komisaris atas kinerja yang telah dijalankan selama tahun buku 2021.

Selanjutnya, menyetujui laporan keuangan program pendanaan usaha mikro kecil 2021, sekaligus memberi pelunasan dan pembebasan tanggung jawab kepada direksi dan dewan komisaris perusahaan atas tindakan pengurusan dan pengawasan yang telah dijalankan selama tahun buku 2021.

Kemudian, penetapan penggunaan laba bersih perseroan yang ditetapkan untuk cadangan investasi perusahaan, dilanjutkan dengan mata acara penetapan tantiem untuk direksi dan dewan komisaris perseroan tahun buku 2021 dan penghasilan direksi serta dewan komisaris untuk tahun buku 2022.

Terakhir, penunjukan kantor akuntan publik untuk mengaudit laporan keuangan perseroan dan laporan keuangan program kemitraan dan bina lingkungan tahun buku 2022 dan ratifikasi peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait