Telkom Kembali Suntik Pinjaman ke Telkomsat Rp 116 M, Ketiga Kalinya

Sebelumnya, Telkom telah memberi pinjaman kepada Telkomsat sebanyak dua kali, yakni Rp 132 miliar pada Desember 2021 dan Rp 397 miliar pada 18 Maret 2022.
Image title
Oleh Lavinda
20 Mei 2022, 15:22
Telkom
Telkom
Menara Telkom

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk kembali memberi pinjaman dana kepada anak usaha bidang pengembangan satelit, PT Telkom Satelit Indonesia (Telkomsat), sebesar Rp 116 miliar pada Mei 2022.

Pinjaman dana kepada anak usahanya ini bukan kali pertama diberikan perusahaan telekomunikasi milik negara tersebut. Sebelumnya, pada 17 Desember 2021, Telkom juga menyuntikkan dana pinjaman senilai Rp 132 miliar kepada Telkomsat.

Kemudian, pada 18 Maret, Telkom juga menggelontorkan dana pinjaman sebesar Rp 397 miliar kepada Telkomsat, dengan tujuan penggunaan dana yang sama.

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Telkom Indonesia Heri Supriadi mengatakan, pinjaman akan digunakan untuk mendanai pengembangan bisnis Telkomsat.

"Transaksi ini telah melalui prosedur transaksi afilitasi dan transaksi benturan kepentingan. Hasilnya, transaksi ini tidak mengandung benturan kepentingan," ujar Heri dalam pengumuman tertulis di laman Keterbukaan Informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), dikutip Jumat (20/5).

Sebagai informasi, Telkom Indonesia merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang sahamnya dimiliki pemerintah sebanyak 52,09%. Sementara itu, publik menggenggam 47,91% saham Telkom.

Sementara itu, Telkom memiliki 99,99% saham Telkomsat yang merupakan perusahaan penyelenggara jaringan dan jasa telekomunikasi dan informatika.

Telkomsat dikenal sebagai penyedia layanan satelit yang memberi layanan hulu ke hilir. Dalam pemberitaan media, Telkomsat berencana memperkuat permodalan untuk membangun High Trough-Put Satellite (HTS) dalam waktu dekat.

 

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait