Contoh Proposal Penawaran Kerja Sama Jasa Promosi Produk

Anggi Mardiana
16 Desember 2022, 19:24
Contoh Proposal Penawaran Kerja Sama Jasa
Katadata
Ilustrasi, membuat proposal penawaran kerja sama jasa.

Melihat contoh proposal penawaran kerja sama jasa, Anda jadi tahu apa saja yang harus dimasukan ke dalam proposal. Pastikan semua yang dimasukan ke dalam isi proposal bisa menguntungkan kedua belah pihak sehingga tidak ada yang dirugikan.

Menjalin kerja sama merupakan salah satu strategi yang bisa dijalankan di tengah kondisi ekonomi yang sulit. Anda bisa menjalin kerja sama dengan individu, badan usaha atau perusahaan dengan mengirimkan proposal bisnis terlebih dahulu. Selain jasa promosi, juga bisa menawarkan jasa kesehatan, servis, fotografi dan lainnya.

Contoh Proposal Penawaran Kerja Sama Jasa

Melansir dari Galeriproposal.com, berikut contoh proposal penawaran kerja sama jasa yang bisa dijadikan panduan:

1. Cover

Pada bagian cover bisa tulis judul proposal, identitas perusahan, logo, alamat lengkap dan informasi penting lainnya. Buat semenarik mungkin agar investor tertarik.

2. Isi Proposal

Isi proposal memuat latar belakang, maksud dan tujuan, data perusahaan, jenis penawaran dan mekanisme kerja. Jenis penawaran bisa berupa keuntungan bagi perusahaan partner atau kerja sama untuk memperluas jaringan bisnis. Berikut beberapa hal yang ada di dalam isi proposal kerja sama selengkapnya:

A. Pendahuluan

Perawatan kendaraan operasional merupakan salah satu hal penting dalam suatu perusahaan, salah satunya dengan mengganti sparepart kendaraan. Untuk memasarkan produk sparepart kendaraan bermotor, perusahaan perlu melakukan promosi agar produk dikenal oleh masyarakat luas.

Dalam membantu mempromosikan produk, kami perusahaan Media TVR bermaksud menawarkan kerja sama dengan perusahaan yang Anda pimpin. Kami akan memberikan ide dan kreativitas terbaik agar produk sparepart perusahaan Anda bisa meningkat penjualannya.

B. Visi dan Misi

• Visi

Membangun integritas di dunia marketing yang kreatif dan inovatif

• Misi

a. Menciptakan ide dan gagasan yang berkualitas
b. Membangun merek produk klien yang terpercaya
c. Membangun karya secara produktif

C. Tentang Kami

Halaman ini bisa diisi dengan identitas perusahaan seperti data usaha dan struktur organisasi. Data usaha mencakup nama perusahaan, bidang usaha, jenis produk/jasa, alamat perusahaan, nomor telepon dan email.

D. Paket Layanan

Pemberian paket layanan bisa bervariasi dari segi harga yang ditawarkan disesuaikan dengan keuntungan untuk klien. Sebagai pihak yang mengajukan kerja sama, Anda bisa memberikan penawaran menarik kepada klien.

E. Mekanisme Kerja

Untuk mekanisme kerja, Anda bisa menjelaskan bagaimana alur kerja yang dilakukan hingga selesai, berikut contohnya:

1. Analisis Brief

Analisis brief merupakan sistematisasi promosi yang digunakan disesuaikan dengan permintaan klien. Klien bisa melakukan tanya jawab sesuai dengan kebutuhan atau permintaan. Mulai dari teknis, target pemirsa, anggaran hingga tenggat waktu.

2. Brainstorming

Brainstorming merupakan sistematisasi proses desain promosi yang akan digunakan sebagai manifestasi brief yang dimaksudkan untuk mendefinisikan kebutuhan desain. Dalam proses ini, bisa mengumpulkan informasi yang berada di luar brief.

3. Proses Kreatif

Proses kreatif bisa langsung dilakukan setelah mendapatkan informasi dan inspirasi dari proses brainstorming. Hasil dari proses kreatif ini bisa berupa konsep, metodologi dan sistem.

4. Draft

Draft merupakan proses desain yang digunakan mencitrakan secara kasar hasil proses kreatif. Jadi draft belum menjadi hasil final.

5. Pembuatan Desain

Dalam tahap ini, hasil draft yang telah disetujui akan langsung dibuatkan desain promosinya secara lebih bagus dan hidup. Dalam hal ini, pastikan klien sudah setuju.

6. Revisi

Pihak klien bisa mengajukan revisi jika masih ada hal-hal yang belum sesuai dengan brief. Proses revisi bisa dilakukan dalam waktu 3 hari kerja.

7. Final Artwork

Final artwork dipakai untuk menyiapkan beragam kebutuhan proses percetakan, final print atau pengiriman data ke klien.

3. Penutup

Pada bagian penutup contoh proposal penawaran kerja sama jasa bisa dibuat seperti ini:

Berdasarkan proposal penawaran kerja sama jasa yang telah kami lampirkan, besar harapan kami bisa terjalin kerja sama di antara perusahaan Bapak/Ibu dan kami. Semoga Bapak/Ibu bisa mempercayakan perihal promosi produk kepada kami.

Apabila ada pertanyaan dan informasi lain yang ingin diketahui dari perusahaan Bapak/Ibu, mohon menghubungi contact person kami, sebagai berikut:

Nomor WhatsApp: Ary 082306488705
Email: arysanjaya@gmail.com

Terimakasih,

Hormat Kami,

Ary Sanjaya

Dengan mengetahui contoh proposal penawaran kerja sama jasa, Anda jadi memiliki gambaran tentang susunan proposal kerja sama. Proposal kerja sama kerap diperlukan di dalam bisnis agar bisa saling menguntungkan dan perusahaan terus bertumbuh.

Editor: Agung

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...