10 Cara Mengatasi Cegukan saat Puasa yang Efektif dan Mudah Dilakukan

Destiara Anggita Putri
22 Maret 2024, 16:11
Cara Mengatasi Cegukan Saat Puasa
Freepik
Ilustrasi, cegukan.
Button AI Summarize

Cegukan merupakan salah satu kondisi alamiah tubuh yang dapat dialami oleh siapa saja. Kondisi ini dapat terjadi ketika otot diafragma mengalami kontraksi tanpa disengaja dan tiba-tiba.

Hal ini menyebabkan udara masuk ke dalam paru-paru terlalu cepat sehingga katup pita suara (glotis) tertutup dan menimbulkan suara “hik”.

Penyebab cegukan sendiri pun beragam, mulai dari kebiasaan makan, jenis makanan atau minuman yang dikonsumsi, hingga faktor suhu atau cuaca yang berubah.

Secara umum, cegukan bisa diatasi dengan memperbanyak minum air putih. Namun ketika cegukan terjadi saat sedang puasa, cara ini tentunya tidak bisa dilakukan.

Lantas, bagaimana cara mengatasi cegukan saat puasa? Berikut di bawah ini ulasan lengkapnya.

Cara Mengatasi Cegukan saat Puasa

Berikut ini penjelasan sepuluh cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi cegukan saat puasa.
Cegukan
Cara Mengatasi Cegukan Saat Puasa (Pexels.com/Cottonbro)

1. Menahan Napas

Cara mengatasi cegukan saat puasa yang pertama adalah dengan menahan napas. Cara ini sendiri cukup banyak dilakukan karena dapat dilakukan kapan saja. Caranya pun terbilang sederhana dan mudah.

Anda hanya perlu menahan napas dalam 10 hitungan lambat sebelum mengembuskannya seperti biasa. Hal ini dapat dilakukan 3‒4 kali setiap 20 menit hingga cegukan mereda.

2. Bernapas di Kantong Kertas

Cara mengatasi cegukan saat puasa berikutnya yaitu bernapas menggunakan kantong kertas. Cara ini bertujuan untuk meningkatkan kadar karbondioksida dalam tubuh.
 
Kondisi ini dapat menyebabkan diafragma berkontraksi lebih untuk meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh sehingga frekuensi cegukan pun dapat berkurang. 

Adapun langkah-langkah yang perlu dilakukan yaitu dengan menghirup udara, kemudian keluarkan dalam kantong kertas tersebut secara berulang hingga cegukan berhenti. Anda tidak disarankan menggunakan kantong plastik karena plastik dapat menempel pada mulut dan hidung.

3. Julurkan Lidah

Salah satu cara mengatasi cegukan saat puasa yang paling mudah adalah dengan menjulurkan lidah ke luar.

Trik ini dipercaya dapat meredakan ketegangan pada diafragma dan merangsang saraf vagus yaitu saraf terpanjang yang memiliki fungsi penting dalam tubuh manusia.

Fungsi saraf vagus adalah mengatur gerakan pita suara, jantung, paru-paru, hingga sistem pencernaan. Ketika saraf ini teriritasi, Anda bisa mengalami cegukan. Trik ini juga bisa membantu Anda mencegah muntah saat cegukan.

4. Menekan Hidung dan Gerakan Menelan

Cara agar cegukan berhenti juga bisa dilakukan dengan menekan hidung lalu melakukan gerakan menelan. Pasalnya, cara ini dapat membantu otot-otot diafragma menjadi lebih rileks, sehingga cegukan bisa berhenti tanpa harus membatalkan puasa. 

5. Memijat Area Ulu Hati dengan Lembut

Cara mengatasi cegukan saat puasa berikutnya adalah memijat area ulu hati secara lembut. Perlu diketahui, otot-otot diafragma terletak tepat di bawah ulu hati atau perut bagian atas.

Lakukan cara ini dengan memberikan tekanan-tekanan lembut pada area ulu hati menggunakan ujung jari selama 20–30 detik.

6. Memijat Lembut Bola Mata

Melakukan pijatan lembut pada bola mata juga dapat dilakukan untuk mengatasi cegukan saat puasa. Pasalnya, melakukan cara ini dapat merangsang saraf yang mengatur gerakan pita suara, yaitu saraf vagus.

Halaman:
Editor: Agung

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...