Meriahkan Festival Teman Kota, Pertamina Sukses Bikin Acara Seru buat Anak Muda
Sebagai perusahaan energi nasional yang terus relevan dengan perkembangan zaman dan anak muda, Pertamina turut berpartisipasi di Festival Teman Kota yang diselenggarakan Katadata di Taman Literasi Martha Tiahahu, Blok M, Jakarta Selatan, Jumat-Sabtu (7-8/11/2025).
Pada gelaran ini, Pertamina yang hadir sebagai salah satu sponsor utama sukses menghadirkan berbagai aktivitas seru yang dirancang khusus untuk mendekatkan layanan dan nilai perusahaan kepada kelompok milenial dan Generasi Z (Gen Z).
Melalui desain booth yang interaktif, modern, dan mudah diakses, Pertamina menyajikan pengalaman yang memadukan edukasi, hiburan, dan manfaat langsung bagi pengunjung.
Aktivitas utama yang dihadirkan adalah ajakan untuk mengunduh aplikasi MyPertamina, sebuah platform digital yang semakin berkembang menjadi pusat layanan energi, reward, serta berbagai kemudahan transaksi. Pengunjung yang telah mengunduh aplikasi mendapatkan kopi gratis serta kesempatan berfoto di photobox yang disediakan.
Hal ini mendapatkan respons positif dari para pengunjung, salah satunya Sabila, pengunjung asal Jakarta. “Udah download aplikasi MyPertamina dan abis photobox. Acaranya seru banget, dapet kopi dan susu coklat juga,” ujarnya sambil menunjukkan hasil fotonya yang tercetak rapi kepada Katadata.
Ada juga Salwa dan Salsa yang awalnya hanya ingin menghabiskan waktu di kawasan Blok M. “Niatnya tadinya mau main aja di Blok M kayak biasa, tapi kebetulan ada acara ini. Jadi coba mampir ke booth Pertamina. Dapet kopi dan photo gratis,” kata keduanya sambil tertawa.
Pendekatan ini mencerminkan upaya Pertamina untuk membangun keterikatan anak muda dengan ekosistem MyPertamina dan memperkuat persepsi bahwa Pertamina semakin dekat dengan gaya hidup digital masyarakat.
Selain aktivitas utama, Pertamina juga menghadirkan gim kolaboratif bersama booth Ibunda. Kolaborasi ini memberi ruang bagi pengunjung untuk mencoba permainan sederhana namun kompetitif.
Peserta yang mengikuti permainan mendapatkan voucher MyPertamina senilai Rp20.000. Voucher yang dapat digunakan untuk berbagai transaksi di aplikasi ini menjadi salah satu insentif yang sukses menarik perhatian anak muda.
Tidak hanya menghadirkan aktivitas di area booth, Pertamina juga turut terlibat sebagai pengisi sesi Mindul Talk Session bertema “Membangun Lingkungan Kerja yang Mental Friendly”. Pada sesi ini, Senior Analyst I Manpower Planning & Recruitment PT Pertamina (Persero), Febryanti Kristiani, membahas isu penting mengenai kesehatan mental para karyawan.
“Menurut kami, well being itu penting. Makanya kami (Pertamina) punya program Employee Well Being yang mencakup semua hal mulai dari finansial, fisik, spiritual hingga mental karena semua itu menjadi satu,” kata Febryanti.
Topik kesehatan mental menjadi salah satu isu penting yang mendapat perhatian luas dalam beberapa tahun terakhir, tidak hanya di sektor korporasi, tetapi juga di kalangan publik umum. Dengan membawakan tema ini, Pertamina menunjukkan bahwa perusahaan tidak hanya berfokus pada pengembangan bisnis dan teknologi, tetapi juga menempatkan well-being karyawan sebagai prioritas.
Pertamina menekankan komitmen perusahaan dalam mendukung well-being pegawainya melalui berbagai program internal yang berfokus pada keseimbangan, kesehatan psikologis, dan menciptakan lingkungan kerja yang suportif.
Kehadiran Pertamina di Festival Teman Kota 2025 membuktikan bahwa perusahaan energi tidak harus selalu tampil dalam format teknis atau formal. Melalui pendekatan yang lebih humanis dan interaktif, Pertamina mampu menunjukkan citra sebagai perusahaan yang adaptif, modern, serta dekat dengan publik urban.
