Mengenal Istilah FAQ, Fungsi dan Tips Membuatnya
Apakah Anda sering mendapatkan pertanyaan yang sama dari pelanggan? Jika iya, maka halaman FAQ bisa menjadi solusi efektif dan efisien untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Lantas, bagaimana tips membuat halaman FAQ yang benar? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.
Apa Itu FAQ?
Frequently asked questions atau FAQ adalah kumpulan pertanyaan dan jawaban tentang sebuah topik. FAQ biasanya sering ditemukan dalam sebuah website.
Dalam bidang usaha, FAQ berguna untuk memberikan informasi kepada pelanggan. FAQ ini juga berguna menjawab pertanyaan yang sering dilontarkan pelanggan.
Tak hanya itu, FAQ juga berguna untuk meningkatkan performa website. Dengan demikian, website bisnis lebih mudah ditemukan di mesin pencari.
Fungsi FAQ dalam Usaha
Halaman FAQ memiliki fungsi tersendiri dalam bidang usaha. Berikut penjelasan lebih lengkap seputar fungsi dari FAQ yang perlu diketahui.
1. Menghemat Waktu dalam Menjawab Pertanyaan
Fungsi utama FAQ yaitu menghemat waktu dalam menjawab pertanyaan yang sudah sering diutarakan banyak orang. Dengan adanya FAQ, maka Anda tidak perlu menjawab pertanyaan yang sama dari beberapa orang secara satu per satu.
2. Meningkatkan Traffic Website
FAQ biasanya ada dalam website. Selain berfungsi untuk menjawab pertanyaan pelanggan, halaman FAQ ternyata bisa meningkatkan traffic website. Apabila Anda membuat teks dalam format tanya jawab dan jawaban yang ditampilkan bagus, maka kemungkinan website Anda tampil di mesin pencari semakin tinggi. Kondisi tersebut memberikan peluang website dikunjungi banyak orang. Dengan demikian, traffic website pun akan meningkat.
3. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan
Halaman FAQ yang dibuat dengan baik bisa menampilkan citra yang baik dari perusahaan tersebut. FAQ ini juga menjadi salah satu bentuk profesionalisme Anda dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Dengan demikian, FAQ secara tidak langsung bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan.
Tips Membuat FAQ yang Benar
Agar FAQ yang dibuat efektif, maka Anda harus membuat FAQ dengan benar. Berikut ini sejumlah tips membuat FAQ yang benar dan efektif.
1. Pastikan Halaman FAQ Terlihat
Agar FAQ efektif dan bisa dibaca oleh pengunjung web, alangkah baiknya Anda membuat halaman FAQ yang mudah ditemukan. Selain penempatan, Anda juga perlu memperhatikan judul dari FAQ. Tak perlu membuat penyebutan yang sulit, cukup gunakan kata “FAQ” karena umumnya orang-orang lebih familiar dengan istilah tersebut dibandingkan dengan penyebutan lain.
2. Buat Pertanyaan dari Sudut Pandang Pelanggan
Tips lainnya yang bisa Anda ikuti untuk membuat FAQ menjadi efektif yaitu dengan membuat daftar pertanyaan dari sudut pandang pelanggan. Format penulisan seperti ini bertujuan untuk mempermudah pembaca memahami maksud pertanyaan. Anda bisa menggunakan sudut pandang orang pertama. Misalnya, “Apakah saya bisa memesan produk lewat e-commerce?”.
3. Pakai Format Tanya Jawab
Seperti namanya, FAQ juga sebaiknya dibuat menggunakan format tanya jawab. Dengan demikian pembaca bisa mendapatkan jawaban atas pertanyaan yang mereka miliki dengan mudah dan cepat. Format tanya jawab juga dinilai efektif karena pengunjung web tak perlu membaca banyak informasi yang mungkin tidak dibutuhkannya.
4. Membuat Jawaban Singkat dan Jelas
Seseorang yang mengakses halaman FAQ biasanya ingin mendapatkan informasi yang to the point. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk membuat jawaban dengan singkat namun tetap jelas. Dengan demikian, pengunjung atau calon pembeli akan merasa terbantu dengan adanya halaman FAQ.
5. Berikan Jawaban yang Sesungguhnya
Seseorang yang membaca FAQ tentu ingin mendapatkan mendapatkan informasi yang benar dan akurat. Maka dari itu, dalam membuat FAQ penting untuk memperhatikan kebenaran informasi yang disampaikan.
6. Mulai Jawaban Menggunakan Kata “Ya” atau “Tidak”
Tips membuat FAQ yang benar selanjutnya yaitu dengan mengawali jawaban menggunakan kata “Y”" atau “Tidak”. Setelah kata “Ya” atau “Tidak”, Anda bisa menambahkan keterangan untuk menerangkan lebih lengkap seputar jawaban tersebut.
Kata “Ya” atau “Tidak” dalam FAQ dapat memberikan kesan tegas, percaya diri, dan menggambarkan kebenaran informasi. Contoh FAQ yang menggunakan kata “Ya” atau “Tidak”, sebagai berikut::
Contoh:
Q: Apakah produk ini aman untuk ibu menyusui?
A: Ya. Karena produk ini terbuat dari bahan-bahan alami.
Demikian penjelasan singkat seputar FAQ yang perlu diketahui. FAQ ternyata bisa menjadi menjadi salah satu strategi untuk menjaga performa usaha, maka dari itu cobalah untuk membuat FAQ pada platform web usaha yang Anda miliki.
