6 Cara Optimasi Instagram Menggunakan SEO untuk Meningkatkan Penjualan

Destiara Anggita Putri
21 Desember 2022, 16:50
Cara Optimasi Instagram
Unsplash
Ilustrasi, tampilan akun Instagram untuk jualan online.

Dalam berbisnis online, Anda tidak hanya mengandalkan website saja. Anda juga perlu melakukan optimasi SEO Instagram.

Saat ini, Instagram telah mengizinkan pengguna untuk melkakan pencarian berdasarkan kata kunci. Dengan menerapkan optimasi SEO Instagram, maka akun dan konte akan mendapatkan peringkat yang lebih tinggi.

Dengan demikian, akun Instagram bisnis Anda akan lebih mudah ditemukan oleh pengguna yang relevan dengan bisnis Anda. 

Lalu, bagaimana cara melakukan optimasi instagram? Simak pembahasannya lebih mendalam berikut ini.

Cara Optimasi Instagram

Ada enam cara yang bisa Anda terapkan untuk optimasi Instagram. Berikut pembahasan masing-masing metode di bawah ini. 

1. Optimalkan Profil Instagram

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengoptimasi profil instagram bisnis Anda. Hal ini dikarenakan pengguna biasanya akan menggunakan instagram search engine ttelrbh dahulu untuk mencari profil atau postingan di Instagram.

Dengan melakukan cara ini, maka profil akun instagram bisnis Anda akan muncul di hasil pencarian. Berikut ini adalah beberapa trik untuk mengoptimalkan profil instagram bisnis Anda.

  • Jadikan profil akun instagram menjadi publik
  • Pakai foto profil yang sesuai dengan bisnis Anda. Misalnya dengan foto produk yang dijual atau logo brand.
  • Daftarkan akun Instagram ke Instagram Bisnis
  • Buat brand bisnis yang mudah dicari dan dikenali.
  • Sertakan link atau tautan yang dapat dilacak di bio Instagram

2. Masukkan Kata Kunci atau Keyword Utama ke Username dan Display Name

Cara selanjutnya adalah menyertakan keyword utama ke username dan display utama. Hal ini dikarenakan Instagram telah memberikan akses kepada pengguna untuk mencari profil instagram berdasarkan keyword yang dicari.

Saat pengguna mengetikkan kata kunci, maka instgram search engine kaan memunculkan profil dan konten yang memuat keyword tersebut. Oleh karena itulah, Anda perlu memasukkan keyword utama ke username dan display name. 

Dengan demikian, profil instagram bisa Anda kemungkinan besar akan muncul di kata kunci yang relevan dengan bisnis. Hal ini juga akan meningkatkan peluang akun atau konten Anda untuk dimanil oleh algoritma Instagram.

Misalnya, Anda berbisnis parfum, maka gunakan kata kunci “parfum” pada username atau display name.  

3. Tambahkan Kata Kunci atau Keyword Turunan pada Bio Instagram

Jika Anda tidak menambahkan keyword utama pada username dan display name, sebenarnya hal ini bukanlah masalah. Anda masih bisa menyertakan keyword turunan pada bio Instagram. 

Misalnya,Anda berbisnis sepatu untuk anak. Anda bisa menambahkan  kata kunci turunan pada bio seperti sepatu anak murah. Dengan demikian ketika pengguna mencari sepatu anak murah, makan profil instagram Anda mungkin akan muncul di hasil pencarian.

Dengan cara ini, Anda bisa meraih pengguna atau target konsumen yang mungkin tidak menari keyword utama tapi mungkin masih berminat dengan produk Anda. 

Tidak hanya menambahkan keyword turunan, Anda juga perlu memadatkan pesan bio pada Instagram Anda. Hal ini dikarenakan platform media sosial ini memiliki batasan karakter pada kolom bio.

4. Gunakan Kata Kunci atau Keyword pada Hashtag

Anda bisa menggunakan hashtag dalam bentuk kata kunci utama yang masih relevan  dengan bisnis. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan nama bisnis dan keyword turunan untuk hashtag Anda.

Dengan cara ini maka akan memudahkan konten Anda untuk  ditemukan oleh pengguna yang tepat di instagram search engine.

Misalnya, Anda memposting konten diskon brand sepatu Anda di instagram. Anda bisa menggunakan hastag #promosepatu #diskonsepatu atau #sepatumurah

Lalu anggap saja ada seorang calon pelanggan yang ingin mencari sepatu murah dengan harga tersebut di Instagram. Hasilnya, ada kemungkinan akun profil bisnis muncul di Instagram search engine calon pelanggan tersebut.

5. Kata Kunci atau Keyword Turunan pada Caption

Selain di hashtag, Anda juga bisa menggunakan keyword di caption yang relevan dengan konten. Jangan lupa juga untuk menambahkan keyword turunan di caption Anda.Hal ini dilakukan untuk menambah kemungkinan konten Anda muncul di pencarian pengguna lian. 

Caption yang sesuai nega konten, memiliki keyword turunan dan dibuat dengan menarik akan membantu membuat gambaran lengkap untuk algoritma Instagram.

Algoritma ini berguna untuk memberi informasi mengenai peringkat akun Anda dalam penairna pengguna untuk kata kunci yang Anda gunakan.

6. Maksimalkan Alt Text

Seperti optimasi gambar pada SEO website, Anda juga bisa melakukan hal yang sama dengan menggunakan alt text di Instagram. Alt text ini akan membantu algoritma Instagram memunculkan postingan Anda ke pengguna yang menyukai tipe konten tersebut. HAl ini dikarenakan alt tet akan mem deskripsikan konte gambar Anda.

Selain itu, alt text juga akan memudahkan mesin pencarian Google untuk menemukan konten. Anda hanya perlu menggunakan kata kunci dengan volume pencairan  tinggi di Google dalam alt text Anda.

Berikut ini  langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mneggunakna alt text ada psotingan Instagram Anda.

  • Sebelum memposting konten, scroll ke bawah dan klik Advanced Setting.
  • Setelah itu klik Write Alt Text. 
  • Tulis deskripsi konten Anda dan klik Done. 
  •  Anda masih bisa menambahkan alt text dengan meng-klik titik tiga di pojok kanan atas > Edit > Edit Alt Text jika Anda punya konten yang terlanjur di posting tanpa alt text,

Editor: Agung

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...