Menilik 3 Cara Melihat Pesanan di Tiktok Shop Serta Cara Melacaknya
Pada April 2021, Tiktok meluncurkan Tiktok Shop. Pengguna dan kreator dapat mempromosikan serta menjual produknya melalui Tiktok dengan mengunjungi Shop miliknya.
Sistem kerjanya pun sama saja dengan kebanyakan marketplace pada umumnya. Tiktok Shop juga menyediakan fitur untuk Anda agar dapat melihat pesanan yang dimiliki.
Hal ini bisa dilakukan untuk mengetahui informasi tentang status pembelian barang hingga waktu sampainya barang yang dipesan. Bila Anda tidak tahu bagaimana caranya, simak uraian lengkapnya di bawah ini.
Cara Melihat Pesanan di Tiktok Shop
Terdapat tiga menu yang bisa Anda gunakan untuk melihat pesanan di Tiktok Shop. Berikut uraian cara mengakses masing-masing menu di bawah ini.
1. Lewat Menu Profil
Anda bisa mengakses menu profil untuk melihat detail pesanan yang sudah dibuat sebelumnya. Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.
- Buka aplikasi Tiktok di HP.
- Pilih menu Profil yang memiliki ikon berbentuk orang di pojok kanan bawah layar.
- Klik tanda garis 3 pada pojok kanan atas layar, kemudian pilih Setting and Privacy. Anda akan dialihkan ke halaman pengaturan dari akun milikmu.
- Pada menu Account, pilih opsi Orders. Anda akan dialihkan ke halaman Order center untuk melihat pesanan Anda.
- Pada halaman tersebut, Anda. bisa melihat rincian dan status dari barang yang Anda.beli. Informasi detail mengenai lokasi terkini dari pesanan juga akan muncul.
2. Lewat Menu Shop
Selain menu profil, ada juga menu Shop yang bisa digunakan untuk melihat pesanan. Berikut ini langkah-langkahnya,.
- Buka akun TikTok pada HP.
- -Klik menu Shop yang berada di baris kedua dari kiri bawah.
- -Pilih tiga garis di kanan atas kemudian klik menu Orders .
- Semua detail pesanan akan terlihat, dari yang belum dibayar hingga yang sudah diterima.
3. Lewat Menu Inbox
Menu terakhir yaitu melihat pesanan melalui menu Inbox yang biasa ditemukan di halaman utama Tiktok di bawah layar. Berikut ini langkah-langkahnya.
- Buka aplikasi Tiktok pada HP.
- Ketuk tombol Inbox atau Kotak Masuk pada halaman utama di bawah layar.
- Pada bagian aktivitas, klik tombol Pembaruan Toko: Pesanan dibuat.
- Selanjutnya, pilih notifikasi pesanan yang dibuat lengkap dengan kode produk yang dibeli.
- Layar akan menampilkan Status Pesanan yang berisi semua transaksi baik yang belum dibayar, untuk dikirim, untuk diulas, dan pengembalian.
- Pilih Untuk Dikirim untuk melihat status pesanan Anda.
- Pada halaman ini, Anda bisa melihat invoice dari pembelian dan estimasi kapan Pesanan akan Dikirim.
- Jika sudah terkirim, Anda akan mendapatkan notifikasi langsung dari TikTok Shop dan bisa melihat statusnya dengan langkah-langkah yang sama pada Tab Dikirim.
Cara Melacak Pesanan di Tiktok Shop
Selain melihat status dan rincian pesanan, Anda juga bisa melacak pesanan di Tiktok Shop. Ikuti langkah mudahnya di bawah ini.
- Buka aplikasi Tiktok di HP.
- Pilih menu Profil yang memiliki ikon berbentuk orang di pojok kanan bawah layar.
- Klik tanda garis 3 pada pojok kanan atas layar, lalu setelahnya pilih opsi Setting and Privacy. Anda akan dialihkan ke halaman pengaturan dari akun milikmu.
- Pada menu Account, pilih opsi Orders. Anda akan kemudian dialihkan ke halaman Order center untuk melihat pesanan Anda.
- Pada menu Your orders, pilih opsi Shipped atau Dikirim. Anda akan masuk ke halaman khusus untuk melacak setiap pesanan yang telah dikirim dari seller.
- Klik pada pesanan yang Anda beli. Anda akan melihat tanggal dikirim dan keterangan di bagian atasnya.
- Pilih opsi Detail untuk melihat detail pesanan. Anda akan dialihkan ke halaman khusus untuk melihat sudah sampai mana pesanan Anda kini berada.
- Apabila laman tracking tidak keluar, maka Anda bisa salin nomor resi pengiriman dari Tiktok Shop. Masuk ke Google, kemudian cari resi pengiriman tersebut. Anda akan bisa melacak pesanan dengan mudah.
Cara Membatalkan Pesanan di Tiktok Shop
Ada kalanya pembeli berubah pikiran dan ingin membatalkan pesanan karena alasan seperti tidak cocok dengan barang, harga atau pilihan yang ditawarkan. Jika hal tersebut terjadi, Anda bisa membatalkannya dengan tiga metode.
Berikut ini penjelasannya
1. Belum Dibayar
Bila Anda sudah terlanjur memesan suatu produk yang belum dibayar, ada cara yang bisa dilakukan untuk membatalkan pesanan. Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.
- Buka aplikasi TikTok di HP Anda.
- Buka menu Shop yang terdapat di bagian bawah layar. Menu tersebut disimbolkan dengan ikon tas belanja.
- Di menu Shop, Anda akan disuguhkan daftar barang yang dipesan di TikTok Shop. Pilih salah satunya yang ingin Anda batalkan.
- Klik Cancel pada pesanan Anda atau batalkan di menu Awaiting Payment
- Pilih alasan mengapa pesanan dibatalkan.
- Kemudian, klik tombol Submit.
- Setelah itu, hubungi dan meminta penjual untuk membatalkan proses pengiriman.
- Apabila penjual setuju, maka pesanan akan langsung dibatalkan secara otomatis. Namun, pengajuan pembatalan pesanan akan gagal apabila penjual memilih untuk tetap memproses pesanan.
2. Sudah Dibayarkan
Tiktok shop juga telah menyediakan fitur dimana Anda juga bisa membatalkan pesanan yang sudah terlanjur dibayar. Namun dalam prosesnya, Anda perlu menginformasikan kepada penjual kenapa Anda membatalkan pesanan.
Selain itu, cara ini hanya bisa dilakukan apabila pesanan belum dikemas dan disiapkan untuk dikirim. Jika proses pemesanan sudah sampai tahap pengiriman, pesanan sudah tidak dapat dibatalkan.
Berikut ini langkah-langkah membatalkan pesanan yang sudah dibayar
- Buka aplikasi TikTok
- Di bagian kanan bawah, klik menu Profil
- Pilih ikon tiga garis di sisi kanan atas layar
- Klik menu Pengaturan dan Privasi atau Settings and Privacy
- Pilih Pesanan atau Orders
- Klik produk di tab All.
- Klik pesanan yang sudah dibayar
- Di bagian kanan bawah, klik menu Batalkan Pesanan
- Anda akan masuk ke menu pengembalian uang. Silahkan isi alasan kenapa ingin membatalkan pembelian. lalu klik Kirimkan
- Tunggu proses pembatalan disetujui penjual
- Selesai, pesanan akan dibatalkan
3. Sistem COD yang Belum Dikirimkan oleh Penjual
Bila menggunakan sistem COD sebagai sistem pembayaran, Anda juga bisa membatalkan pesanan yang dibuat sebelumnya. Berikut ini langkah-langkahnya.
- Buka aplikasi TikTok di HP Anda.
- Buka fitur TikTok Shop dengan menu Belanja di bagian bawah.
- Klik menu Pesanan yang ada di sebelah kiri atas.
- Cari pesanan yang hendak dibatalkan tersebut.
- Klik pilihan Hubungi Penjual yang terletak di bagian bawah.
- Agar bisa melakukan chat dengan pihak penjual, klik Kirim Pesan.
- Tuliskan pesan kepada pihak penjual untuk memintanya membatalkan pengiriman pesanan. Tunggu hingga penjual menyetujui permintaan Anda.
- Apabila pihak penjual sudah setuju untuk membatalkan pengiriman pesanan, maka ada bagian menu Lacak Paket akan terlihat bahwa pesanan milik Anda sudah dibatalkan sehingga pengantaran paket pun juga pasti batal.