4 Syarat-syarat untuk Mendirikan Sebuah Negara dalam Ketentuan Global

Anggi Mardiana
1 Februari 2024, 20:12
Syarat-syarat untuk mendirikan sebuah negara
Unsplash
Syarat-syarat untuk mendirikan sebuah negara
Button AI Summarize

Syarat-syarat untuk mendirikan sebuah negara merupakan unsur-unsur penting dalam pembentukan suatu negara. Diskusi mengenai unsur-unsur pembentukan negara lebih sering dibahas dalam konteks ilmu negara dan hukum internasional.

Penting dicatat bahwa unsur-unsur berdirinya suatu negara merujuk pada elemen-elemen yang diperlukan untuk membentuk organisasi negara atau faktor-faktor yang dianggap esensial dalam pembentukan suatu negara.

Syarat-syarat untuk Mendirikan Sebuah Negara

Syarat Mendirikan Negara
Syarat Mendirikan Negara (Unsplash)

Dari perspektif hukum internasional, Montevideo Convention menjadi instrumen yang secara jelas mengatur unsur-unsur yang memenuhi kualifikasi sebuah negara sebagai subjek hukum internasional. Konvensi Montevideo tentang Hak dan Tugas Negara adalah sebuah traktat yang ditandatangani pada tanggal 26 Desember 1933 di Montevideo, Uruguay. Syarat-syarat pembentukan negara, di antaranya:

1. Penduduk Tetap

Kriteria "tetap" dalam unsur ini dapat diinterpretasikan dalam dua konteks. Pertama, penduduk membuat wilayah sebagai dasar untuk menetap atau tempat tinggal. Kedua, wilayah tersebut sebagai tempat tinggal dapat dianggap sebagai lingkungan tertentu yang bisa diajukan tuntutan.

Secara mendasar, tidak ada ketetapan jumlah minimum penduduk yang secara pasti dibutuhkan untuk membentuk suatu negara. Status penduduk lebih ditentukan oleh ikatan hukum dalam satu kebangsaan.

2. Wilayah

Syarat-syarat untuk mendirikan sebuah negara berikutnya penduduk tetap. Tidak ada ketentuan pasti mengenai luas minimum suatu wilayah yang diperlukan untuk memenuhi salah satu unsur pembentukan negara. Menurut Crawford, esensi hak suatu negara yang independen merupakan kemampuan untuk membentuk pemerintahan di dalam suatu wilayah tertentu.

Perlu dicatat bahwa adanya sengketa batas negara tidak mempengaruhi status sebuah negara. Sebagai contoh, Israel diterima sebagai anggota PBB pada tahun 1949 meskipun sedang terjadi konflik batas negara pada waktu tersebut.

3. Pemerintahan

Crawford mengemukakan bahwa persyaratan sebuah negara dianggap ada jika memiliki pemerintahan yang efektif. Adanya pemerintahan termasuk syarat-syarat untuk mendirikan sebuah negara yang dianggap sebagai elemen sentral dalam klaim terbentuknya negara.

Konsep pemerintahan dapat dilihat dalam dua aspek. Pertama, melibatkan lembaga-lembaga politik, administrative dan eksekutif yang bertujuan untuk mengatur komunitas dan melaksanakan tugas-tugas yang telah ditetapkan oleh aturan hukum.

Halaman:
Editor: Safrezi

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...