7 Rekomendasi Wisata Alam Semarang yang Menarik Dikunjungi

Anggi Mardiana
3 Juli 2023, 13:25
wisata alam Semarang
ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko
Ilustrasi, pengunjung menggunakan jasa perahu wisata di kawasan wisata Rawa Pening, Ambarawa, Kabupaten Semarang Jawa Tengah, Minggu (20/10/2019).

Wisata alam Semarang, Jawa Tengah memiliki banyak destinasi wisata. Ketika memasuki libur panjang, akhir pekan atau long weekend, Anda bisa mengunjungi tempat wisata alam di Semarang sebagai pilihan terbaik.

Wisata alam yang terletak di Semarang ini meliputi dataran tinggi, gunung, danau dan wisata edukasi dengan tema alam, pantai dan air terjun. Lokasinya tersebar luas di kota dan kabupaten Semarang. Beberapa destinasinya cocok untuk melepas penat setelah bekerja.

Rekomendasi Wisata Alam Semarang

7 rekomendasi wisata alam Semarang ini bisa Anda pertimbangkan sebagai destinasi wisata terbaik, berikut di antaranya:

1. Rawa Pening

Rawa Pening
Rawa Pening (Travel.kompas.com)

Rawa Pening termasuk danau alami dengan luas sekitar 2.670 hektar. Lokasinya mencakup empat wilayah kecamatan di Kabupaten Semarang, di antaranya Kecamatan Bawen, Kecamatan Tuntang, Kecamatan Ambarawa dan Kecamatan Banyubiru.

Pengunjung bisa menikmati pemandangan Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu dan Gunung Ungaran. Rawa Pening juga memiliki banyak spot foto Instagramable seperti jembatan panjang di atas rawa dan patung naga cukup besar. Untuk tiket masuknya cukup murah yaitu Rp 2.500 per orang.

2. Taman Bunga Celosia Bandungan

Taman Bunga Celosia Bandungan
Taman Bunga Celosia Bandungan (Simeta.co.id)

Rekomendasi tempat wisata alam Semarang berikutnya ada Taman Bunga Celosia Bandungan yang memiliki banyak bunga warna-warni. Selain bunga Celosia, ada juga bunga lainnya seperti krisan dan lavender. Lokasi Taman Bunga Celosia Bandungan ada di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

Taman Bunga Celosia Bandungan memiliki banyak spot foto Instagramable seperti balon udara, White Marine Park, Rural Japanese, Little Amsterdam, Little Korea dan Taman Lampion. Ada juga Café Garden Celosia yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk santai sambil menikmati pemandangan dari ketinggian.

3. Agrowisata Kopeng Gunungsari

Agrowisata Kopeng Gunungsari
Agrowisata Kopeng Gunungsari (JadwalTravel.com)

Agrowisata Kopeng Gunungsari menwarkan keindahan Gunung Sumbing, Gunung Telomoyo dan Rawa Pening. Objek wisatanya memadukan keindahan taman bunga, udara sejuk dan pemandangan pegunungan. Tidak jauh dari lokasi Agrowisata Kopeng Gunungsari, ada Gardu Panjang Kopeng.

Dari Gardu Pandang, pengunjung bisa menikmati pemandangan beberapa gunung sekaligus seperti Sumbing, Sindoro, Telomoyo dan Andong. Lokasi wisata Kopeng Gunungsari ada di Jalan Umbul Songo, Kopeng, Kecamatan Getasan, Semarang.

4. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti
Umbul Sidomukti (Regional.kompas.com)

Umbul Sidomukti merupakan wisata alam Semarang yang terletak di lereng Gunung Ungaran dengan pemandangan khas pegunungan dan udara segar. Ikon wisata Umbul Sidomukti yaitu kolam renang yang dikenal dengan nama Taman Renang Alam. Fasilitas lain yang disediakan oleh Umbul Sidomukti ada restoran, kafe, penginapan, area outbond dan spot foto yang Instagramable.

5. Eling Bening

Eling Bening
Eling Bening (Bob.kemenparekraf.go.id)

Eling Bening bisa dibilang taman rekreasi dengan tema alam yang menawarkan pemadangan alam indah berupa Gunung Andong, Merbabu, Teolomoyo, Danau Rawa Pening dan hamparan sawah yang hijau. Lokasinya ada di Jalan Sarjono, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang.

Tidak hanya panorama alam, wisata alam Eling Bening memiliki banyak fasilitas lain seperti kafe, kolam renang, restoran, camping ground, outbound dan ruang pertemuan. Objek wisata satu ini cocok dikunjungi bersama keluarga saat libur panjang.

Halaman:
Editor: Agung

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...