BMKG: Waspadai Gelombang Tinggi di Perairan Bali Hingga 12 Januari

Lona Olavia
10 Januari 2023, 21:07
BMKG: Waspadai Gelombang Tinggi di Perairan Bali Hingga 12 Januari
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/rwa.
Wisatawan mancanegara menikmati suasana objek wisata Pantai Berawa, Kuta Utara, Badung, Bali, Selasa (10/1/2023). Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menargetkan sebanyak 4 juta wisatawan mancanegara berkunjung ke Bali pada tahun 2023.

 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini bagi masyarakat terhadap potensi gelombang laut tinggi di perairan Bali pada 10-12 Januari 2023.

Advertisement

Dalam informasi prakiraan cuaca, BMKG memperingatkan tinggi gelombang laut di Selat Bali bagian selatan, Selat Badung, Selat Lombok bagian selatan, perairan selatan Bali, dan Samudera Hindia di bagian selatan Bali dapat mencapai 2 meter atau lebih.

“Prediksi cuaca 3 hari ke depan, tinggi gelombang laut di perairan utara Bali berkisar antara 0,5-1,25 meter, di perairan selatan Bali 1-3 meter, di Selat Bali 0,5-3 meter, dan di Selat Lombok 0,5-3 meter,” kata Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah III Denpasar Cahyo Nugroho sebagaimana dikutip dari siaran tertulisnya di Denpasar, Selasa (10/1).

Oleh karena itu, BMKG mengimbau masyarakat terutama nelayan dan pelaku usaha bahari tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi angin kencang dan gelombang tinggi di perairan Bali, khususnya wilayah utara dan selatan.

BMKG juga meminta masyarakat mewaspadai dampak dari cuaca ekstrem seperti banjir, pohon tumbang, tanah longsor, angin kencang, dan kilat atau petir.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement