Tiba di Jakarta, Lukas Enembe Jalani Pemeriksaan di RSPAD

Lona Olavia
10 Januari 2023, 21:43
Tiba di Jakarta, Lukas Enembe Jalani Pemeriksaan di RSPAD
Istimewa
Lukas Enembe diterbangkan ke Jakarta untuk menjalani pemeriksaan intensif terkait kasus suap dari Direktur PT Tabi Bangun Papua (TBP) Rijatono Lakka terkait proyek infrastruktur di Provinsi Papua. KPK menangkap Gubernur Papua, Lukas Enembe saat sedang makan di salah satu restoran di Jayapura, Selasa (10/1/2023).

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengatakan tersangka Gubernur Papua Lukas Enembe akan menjalani pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto setibanya di Jakarta. 

Menurut pemantauan, Lukas Enembe telah tiba di Jakarta pada pukul 20.45 WIB seusai ditangkap di Jayapura, Papua. Namun Lukas Enembe tidak langsung dibawa ke Gedung KPK, namun terlebih dahulu akan dibawa ke RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat karena urusan kesehatan.

"Setibanya di Jakarta, saudara LE (Lukas Enembe) akan dilakukan pemeriksaan kesehatan di RSPAD dengan didampingi oleh tim KPK," kata Firli dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (10/1).

Mengenai kronologi penangkapan Lukas Enembe, ia menjelaskan lembaganya mendapatkan informasi bahwa Lukas Enembe berencana ke Kabupaten Tolikara melalui Bandara Sentani pada Selasa. 

"KPK mendapatkan informasi tersangka LE akan ke Mamit, Tolikara, pada Selasa, 10 Januari 2023, melalui Bandara Sentasi (bisa jadi cara tersangka LE akan meninggalkan Indonesia)," ucap Firli.

Setelah mendapat informasi itu, lanjut Firli, KPK kemudian menghubungi wakil kepala Kepolisian Daerah, komandan Satuan Brimob, dan kepala Binda Papua untuk membantu upaya penangkapan Lukas Enembe di Bandara Sentani.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...