Di Atas Target, 50 Ribu Orang Gunakan MRT Jakarta per Hari di 2022

Nadya Zahira
10 Januari 2023, 21:59
Di Atas Target, 50 Ribu Orang Gunakan MRT Jakarta per Hari di 2022
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/nz
Calon penumpang menunggu kedatangan rangkaian MRT di Jakarta, Selasa (15/11/2022). PT MRT Jakarta (Perseroda) melakukan perubahan kebijakan dengan memperpanjang waktu operasional sampai pukul 24.00 WIB yang berlaku mulai 15 November 2022.

Sepanjang 2022, tercatat lebih dari 19,7 juta orang menggunakan layanan MRT Jakarta. Jumlah tersebut menunjukkan bahwa rata-rata 50 ribu orang per hari menggunakan MRT Jakarta dengan 87.072 jumlah perjalanan kereta. 

Angka tersebut menunjukan bahwa terjadi kenaikan dari tahun sebelumnya. Pada awal tahun 2022, PT MRT Jakarta menargetkan angka keterangkutan penumpang sepanjang tahun 2022 mencapai 14,6 juta orang atau setara dengan rata-rata harian sebanyak 40 ribu orang per hari. 

Selain itu, ketepatan waktu tempuh, kedatangan, dan berhenti pun mencapai 99,94%.

Adapun untuk menaikkan angka keterangkutan, MRT Jakarta bekerja sama dengan berbagai pihak, terutama dari industri wisata seperti sektor kuliner, aktivitas, hingga pusat perbelanjaan, kesehatan, pendidikan, hingga promo tiket sejumlah tempat wisata. 

Kemudian, MRT Jakarta juga melakukan kerja kolaborasi dengan sejumlah operator transportasi publik pengumpan (feeder), juga mendorong peningkatan angka keterangkutan seperti Pengangkut Penumpang Djakarta atau PPD, Tebengan, Gojek, Grab, Transjakarta dan yang terbaru, Swoop. 

Kehadiran angkutan pengumpan ini akan berdampak tidak saja terhadap kenaikan angka keterangkutan, namun juga mendorong kebudayaan menggunakan platform berbagi kendaraan. Secara angka, operator pengumpan ini menyumbang sekitar 13% angka keterangkutan dari total ridership Jakarta.

Selain itu, pengembangan kawasan berorientasi transit atau transit (TOD) di beberapa stasiun fase 1 koridor selatan–utara yang dirancang dengan memadukan fungsi transit dengan manusia, kegiatan, bangunan, dan ruang publik juga turut berkontribusi dalam mengoptimalkan akses terhadap transportasi publik sehingga dapat menunjang daya angkut penumpang.

Sebagai bagian dari inovasi dan mengikuti tren digital oleh masyarakat, pengguna jasa MRT Jakarta dapat menggunakan aplikasi MRT Jakarta di ponsel pintar untuk membeli tiket perjalanan, menggunakan poin penggunaan untuk ditukar dengan berbagai promo, bahkan menonton film dan bermain gim ponsel.

Seluruh fitur gaya hidup ini bertujuan untuk memberikan pengalaman penuh kepada pelanggan saat menggunakan layanan MRT Jakarta.

Reporter: Nadya Zahira
Editor: Lona Olavia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...