BPS Catat Makin Ramai Migrasi ke Kalimantan, Jawa Mulai Ditinggalkan?

Abdul Azis Said
30 Januari 2023, 20:11
BPS Catat Makin Ramai Migrasi ke Kalimantan, Jawa Mulai Ditinggalkan?
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/nym.
Suasana Jembatan Pulau Balang yaitu penghubung Balikpapan dengan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, Jumat (7/10/2022). Jembatan yang merupakan akses untuk mempercepat perjalanan menuju IKN Nusantara yang telah rampung itu, saat ini belum dapat difungsikan karena jalan sisi darat dari Kota Balikpapan belum terbangun. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/nym.

Kalimantan menjadi tujuan favorit migrasi orang Indonesia dalam laporan hasil Long Form Sensus Penduduk (LFSP) 2020 yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Senin (30/1) ini. Hal ini tercermin dari angka migrasi seumur hidup secara neto di beberapa provinsi di Kalimantan termasuk yang tertinggi. Sedangkan beberapa daerah di Jawa tercatat paling rendah.

Angka migrasi seumur hidup dihitung berdasarkan banyak penduduk yang mengalami perpindahan tempat tinggal antar provinsi. Angka positif berarti jumlah migran yang masuk dan menetap lebih banyak ketimbang yang keluar dan sebaliknya. Angka migrasi itu menunjukkan persentase terhadap total penduduk provinsi tersebut.

Advertisement

Hasil survei BPS menunjukkan angka migrasi secara neto tertinggi terdapat di tiga provinsi. Yakni Kepulauan Riau, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Masing-masing tumbuh 40,55%, 29,52% dan 28,6%. Sebaliknya angka migrasi paling rendah di Jawa Tengah yang minus 12,26%, Sumatera Utara 10,93% dan Sulawesi Selatan 10,39%.

"Kami mencatat selama lima dekade terakhir, arus migrasi menyebar ke wilayah di luar Jawa dan Sumatera, khususnya ke Kalimantan. Migrasi ke Kalimantan menunjukkan pola peningkatan," kata Deputi Statistik Sosial BPS Ateng Hartono dalam rilis LFSP 2020, Senin (30/1).

Data BPS menunjukkan arus migrasi ke Kalimantan, Sulawesi dan lainnya telah melonjak lebih dari tiga kali lipat selama 50 tahun terakhir. Khusus untuk tahun ini saja, data menunjukkan semua provinsi di pulau Kalimantan mencatat angka migrasi seumur hidup yang positif, artinya jumlah orang yang masuk lebih banyak daripada yang keluar. 

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Editor: Lona Olavia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement