Jokowi Bertolak ke Bali Hari Rabu Pon, Bagaimana Reshuffle?

Lona Olavia
30 Januari 2023, 21:59
Jokowi Bertolak ke Bali Hari Rabu Pon, Reshuffle Bagaimana?
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung bersiap memimpin rapat terbatas (ratas) di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (4/2/2020). Ratas tersebut membahas kesiapan dampak virus corona pada perekonomian di Indonesia.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengaku tahu soal isu perombakan atau reshuffle Kabinet Indonesia Maju oleh Presiden Joko Widodo. Namun dia enggan menjelaskan hal itu lebih lanjut.

"Rabu sore (1/2) pergi ke Bali sampai Kamis (2/2). Walaupun (saya) tahu (soal reshuffle), mohon maaf nggak diomongin," kata Pramono di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (30/1). 

Advertisement

Awalnya, wartawan menanyakan apakah Presiden Jokowi jadi melakukan pelantikan menteri pada Rabu Pon (1/2). Jokowi diketahui beberapa kali sudah melakukan langkah politik terkait susunan kabinet pada hari Rabu Pon.

"Rabu saya mendampingi Presiden ke Bali, sore berangkat," ucap Pramono.

Kabar perombakan kabinet berembus karena ada desakan dari politikus PDI Perjuangan terhadap menteri-menteri dari Partai NasDem, khususnya karena Partai NasDem telah mendeklarasikan akan mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden pada Pemilu 2024. 

Menteri asal Partai NasDem di Kabinet Indonesia Maju adalah Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, serta Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Ditemui di Istana Kepresidenan, Siti Nurbaya Bakar enggan berkomentar soal isu reshuffle tersebut.

"Ya gimana sih, kok tanya ke saya?" kata Siti Nurbaya. 

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Arsul Sani mengatakan bahwa partainya belum mendapatkan kabar terkait reshuffle Kabinet Indonesia Maju yang akan dilakukan Presiden Joko Widodo.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement