ESDM Tambah Anggaran Rp 2,5 T untuk Rice Cooker dan Kendaraan Listrik

Muhamad Fajar Riyandanu
2 Februari 2023, 20:20
ESDM Tambah Anggaran Rp 2,5 T untuk Rice Cooker dan Kendaraan Listrik
Instagram
Ilustrasi rice cooker

Kementerian ESDM menyampaikan penambahan anggaran untuk kegiatan infrastruktur 2023 sebesar Rp 2,5 triliun atau 45,4% dari pagu Rp 5,5 triliun. Dana tersebut akan dialokasikan kepada 14 proyek infrastruktur strategis.

Dua diantaranya adalah insentif pengembangan konversi kendaraan listrik dan penyediaan 680 ribu unit penanak nasi listrik atau rice cooker

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan bahwa pengadaan 680 ribu unit rice cooker tahun ini masih dalam tahap pembahasan dengan pihak terkait.

Sementara itu, pemberian insentif pada pengembangan konversi kendaraan listrik akan menyasar pada satu unit bus dan 350 unit motor tua di lingkup kementerian dan lembaga pemerintah.

Menurut Arifin, konversi motor tua berbasis bahan bakar minyak menjadi motor listrik dapat menghemat pengeluaran energi hingga 80%. Adapun besaran insentif yang diberikan untuk konversi motor listrik senilai Rp 14 juta per unit.

“Returnya akan balik dalam tiga tahun karena penghematan biaya energi,” ujar Arifin, Kamis (2/2).

Kementerian ESDM juga telah mengusulkan anggaran tahun 2023 sebesar Rp 573,69 miliar kepada Kementerian Keuangan dan Bappenas untuk kelanjutan pemasangan pipa gas sambungan Cirebon- Semarang (Cisem) tahap II untuk ruas Batang-Cirebon-Kandang Haur Timur.

“Sementara kelanjutan pembangunan pipa gas bumi Cisem tahap I Ruas Semarang-Batang akan selesai di tahun 2023,” kata Arifin.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Lona Olavia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...