Pembengkakan Biaya Kereta Cepat Cina Berpotensi Disepakati Pekan Depan

Patricia Yashinta Desy Abigail
3 Februari 2023, 18:38
Pembengkakan Kereta Cepat Masih dalam Tahap Negosiasi dengan Cina
Dok. PT KAI
Rangkaian KA Feeder KCJB. Untuk mendukung konektivitas Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB), KAI tengah menyiapkan dua layanan kereta api yang akan menghubungkan pusat kota Jakarta dan Bandung dengan Stasiun Kereta Cepat. Layanan tersebut adalah LRT Jabodebek dan KA Feeder KCJB.

Staf Khusus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga mengatakan, cost overrun atau pembengkakan biaya Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) masih dalam tahap negosiasi dengan pihak Cina.

"Harapannya negosiasi di Cina minggu depan ada hasil kesepakatan," katanya dalam acara temu wartawan bersama Staf Khusus III BUMN, Jumat (3/2).

Advertisement

Namun Arya menegaskan pembangunan kereta cepat harus terus diakselerasi. Hal itu perlu agar dapat beroperasi pada pertengahan tahun sesuai target. Arya juga menyebut saat ini proses penyelesaian KCJB berjalan sesuai timeline.

Hal tersebut sesuai dengan titah Presiden Joko Widodo untuk segera menyelesaikan KCJB. 

Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan merespons permintaan PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) untuk memperpanjang masa konsesi KCJB hingga 80 tahun.

Ia tak mempersoalkan keinginan KCIC untuk memperpanjang masa konsesi, sepanjang proyek dapat rampung. 

Halaman:
Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail
Editor: Lona Olavia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement