Aksi Lestarikan Bumi Earth Hour 2023 Malam Ini Berpusat di Solo

Lona Olavia
25 Maret 2023, 19:30
Aksi Lestarikan Bumi Earth Hour 2023 Malam Ini Berpusat di Solo
Dokumentasi perseroan

Kegiatan Earth Hour kembali akan berlangsung Sabtu (25/3) pukul 20.30-21.30 waktu setempat. Earth Hour menyerukan kepada individu, komunitas, dan sektor bisnis di seluruh dunia untuk mematikan lampu dan alat elektronik lainnya selama satu jam. Langkah ini dilakukan sebagai aksi bagi pelestarian bumi.

Ikon nasional maupun tempat tinggal di berbagai penjuru dunia mengambil bagian mematikan lampu dan alat elektronik yang tidak terpakai pada momen Earth Hour.

Advertisement

Masyarakat di seluruh dunia akan ‘mengistirahatkan’ diri mereka sendiri dan rehat dari rutinitas sehari-hari, sebelum menentukan apa yang dapat mereka lakukan sebagai upaya untuk memulihkan Bumi. Baik dengan cara bersih-bersih pantai, menanam pohon, memasak dengan sumber pangan lokal dan ramah lingkungan, atau mengajak teman-teman ikut serta dalam rangkaian acara Earth Hour, siapa saja, dimana saja dapat bergabung dalam rangkaian kegiatan Earth Hour.

Lebih dari 190 negara dan wilayah akan menciptakan Momen Terbesar untuk Bumi, aksi ini diharapkan mendapatkan perhatian warga dunia akan bahaya dari kerusakan alam dan perubahan iklim.

Pada saat yang sama, Earth Hour juga merupakan momen penyadartahuan akan pentingnya menjaga bumi kita, melindunginya, dan betapa waktu yang kita miliki sangat terbatas untuk melakukan hal positif untuk planet ini. 

Earth Hour 2023 hangat diperbincangkan setelah Perjanjian Kunming-Montreal yang bersejarah di COP15, Desember tahun lalu dimana pada saat itu negara-negara yang berpartisipasi sepakat untuk menghentikan dan mengemblikan hilangnya keanekaragaman hayati di tahun 2030.

Oleh karena itu, tujuh tahun ke depan sangatlah penting, untuk memastikan bahwa ketika dekade ini berakhir, kondisi alam dan keanekaragaman hayati menjadi lebih baik, dan kita tetap menjaga kenaikan suhu bumi berada di bawah ambang batas 1.5°C untuk menghindari kerusakan permanen pada Bumi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement