Erick Thohir Siap Bangun Kerja Sama Impor Daging dari Afrika

Patricia Yashinta Desy Abigail
27 Maret 2023, 19:48
Erick Thohir Siap Bangun Kerja Sama Impor Daging dari Afrika
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/foc.
Menteri BUMN Erick Thohir (kiri) bersama Dirut Pertamina Nicke Widyawati (kanan) mengikuti rapat kerja dengan Komisi VI DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (20/3/2023). Rapat tersebut membahas evaluasi penanganan insiden kebakaran Terminal BBM (TBBM) Plumpang dan progres rencana program BUMN tahun 2023.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, dirinya didorong untuk melihat pasar Afrika, usai hadir dalam rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo. Hal ini seiring dengan pemenuhan kebutuhan pangan khususnya pasokan daging di Indonesia.  

"Perdagangan south to south salah satu yang mendukung trade surplus Indonesia, seperti dengan India, Pakistan, dan Bangladesh serta Afrika," kata Erick di Jakarta, Senin (27/3).

Menurut Erick keempat negara tersebut merupakan pangsa yang besar, namun saingannya sangat berat. Dia menegaskan untuk menjaga persaingan tesebut, sehingga Indonesia sebagai penyelenggara G20 tidak sia-sia.

Dirinya mengatakan, Indonesia diharapkan pemerintah untuk menjadi lokomotif ketika masuk ke pangsa pasar baru dan menjadi bagian dari pertumbuhan ekonomi. Erick turut menyampaikan minggu depan dirinya akan rapat sebab Presiden Jokowi ada agenda kunjungan ke enam negara, salah satunya Afrika.

"Saat ini BUMN mulai berhitung ulang mana yang baik dan mana yang tidak baik, yang tidak sudah saya tolak tadi. Kalau yang baik, ada kesempatan untuk memperbaiki supply chain kita, kenapa tidak. Mereka (Afrika) ada surplus daging," katanya.

Erick menyampaikan siap untuk bekerjasama dengan Afrika untuk memperbaiki supply chain di Indonesia. "Dua ratus juta penduduk indonesia perlu kepastian pangan, energi, dan ini mejadi isu terus kedepannya," katanya. 

Sebelumnya Kepala Badan Pangan Nasional atau Bapanas Arief Prasetyo Adi mengatakan, optimalisasi stok daging dalam negeri tetap menjadi prioritas untuk memenuhi lonjakan permintaan daging jelang puasa dan lebaran tahun ini.

Selain itu, pemerintah juga telah menyiapkan opsi pengadaan dari luar, mengingat berdasarkan Prognosa Neraca Pangan yang disusun Bapanas, stok awal daging nasional di Januari 2023 sebesar 56 ribu ton, sementara rata-rata kebutuhan daging nasional per bulan sebesar 67 ribu ton.

Halaman:
Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail
Editor: Lona Olavia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...