Indonesia Belum Tahu Israel Lolos Saat Ditunjuk Jadi Tuan Rumah U20

Lona Olavia
28 Maret 2023, 20:36
Indonesia Belum Tahu Israel Lolos Saat Ditunjuk Jadi Tuan Rumah U20
Sekretariat Kabinet
Presiden Jokowi berpidato dalam acara peringatan Hari Pers Nasional pada 2022

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan saat ditunjuk sebagai tuan rumah, Indonesia belum tahu bahwa Israel akan ikut serta dalam Piala Dunia U20.

“Saat ditunjuk tuan rumah, kita belum tahu tim peserta karena masih pra kualifikasi, kepastian Israel lolos baru diketahui Juli 2022,” kata Presiden Jokowi dalam saluran resmi Sekretariat Presiden, Selasa (28/3). 

Apalagi untuk menjadi tuan rumah, Indonesia dikatakan Jokowi harus melalui proses seleksi yang panjang.

"Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia U20 melalui proses bidding, melalui proses seleksi panjang, dan proses akhir ada tiga kandidat negara yakni Brasil, Indonesia, dan Peru. Dan akhirnya, bulan Oktober 2019, Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 oleh FIFA. Ini merupakan kehormatan bagi bangsa Indonesia karena bola paling banyak penggemarnya," katanya.

Jokowi ini pun menjamin bergabungnya tim nasional Israel dalam Piala Dunia FIFA U20 tidak akan mengubah kebijakan politik internasional Indonesia. Kepala Negara mengatakan kepesertaan Israel telah dikonsultasikan dengan Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...