Erick Thohir Tunjuk Ernst & Young untuk Audit Keuangan PSSI

Patricia Yashinta Desy Abigail
21 April 2023, 12:30
Erick Thohir Tunjuk Ernst & Young untuk Audit Keuangan PSSI
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/foc.
Ketum PSSI Erick Thohir (tengah) didampingi (dari kiri) Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Direktur Prasarana Strategis Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR Essy Asiah, Waketum PSSI Ratu Tisha dan Dirut PLN Darmawan Prasodjo mengamati maket saat meninjau Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) di Surabaya, Jawa Timur, Senin (13/3/2023). Peninjauan tersebut dilakukan guna memastikan kesiapan stadion GBT untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023.

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir akan melakukan audit keuangan dalam tubuh organisasi sepak bola nasional. Untuk mengaudit PSSI, Erick menunjuk kantor akuntan publik Ernst & Young dalam penjajakan rencana pelaksanaan audit forensik atas pencatatan keuangan PSSI.

"Bermula dari peristiwa kemarin, ketika ada ketidakkonsistensi dalam pemberian hadiah juara liga, lalu ditengarai ada juga ketidakjelasan dalam manajemen keuangan di PSSI, maka saya langsung tanda tangan MoU dengan pihak Ernst & Young Indonesia untuk mengadakan audit forensik atas pencatatan keuangan PSS," kata Erick dalam keterangan resmi, Jumat (21/4).

Advertisement

Erick menegaskan audit keuangan PSSI merupakan dari bersih-bersih baik di PSSI maupun di Liga. Sebelumnya, persoalan manajemen keuangan di tubuh pengelola sepakbola nasional mencuat setelah muncul masalah ketidakkonsistenan pemberian bonus juara liga yang dilakukan operator PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Dirinya merasa sangat perlu untuk melakukan audit pada PSSI sebab adanya kesimpangsiuran kerja sama antara LIB dengan PSSI, termasuk transfer pembayaran LIB ke PSSI. Hal tersebut dilakukan agar manajemen keuangan, baik di PSSI dan selanjutnya di PT LIB, agar terbuka, transparan, dan akuntabel.

"Sudah pasti kita semua, saya, pengurus, dan pecinta sepakbola mau soal keuangan yang kerusial ini terbuka. Apalagi sepakbola ini milik rakyat. Kami ini hanya ditugaskan untuk membersihkan. Audit ini diperlukan agar terjadi kejelasan dan perbaikan pada pengelolaan keuangan pada seluruh pemangku kepentingan persepakbolaan Indonesia," kata ia.

Halaman:
Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail
Editor: Lona Olavia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement