Libur Panjang, Jumlah Penumpang di Angkasa Pura II Capai 877.000 Orang

Lona Olavia
4 Juni 2023, 18:03
Libur Panjang, Jumlah Penumpang di 20 Bandara Angkasa Pura Capai 877.000 Penumpang
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/YU
Sejumlah calon penumpang pesawat antre untuk lapor diri di Terminal 3 Bandara Sekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (19/4/2023). PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Soekarno Hatta memprediksi puncak arus mudik lewat bandara Soetta terjadi mulai H-3 atau Rabu (19/4) dengan pergerakan pesawat yang terjadwal mencapai 1.138 penerbangan dengan total penumpang 164.575 hingga H-1 atau Jumat (21/4).

Selama libur panjang 1-4 Juni, jumlah penumpang di 20 bandara Angkasa Pura (AP) II diperkirakan mencapai 877.000 penumpang.

Sepanjang libur akhir pekan itu, rute favorit di Bandara Soekarno-Hatta adalah dari dan ke Bali, Medan, Surabaya, Makassar dan Padang. Sementara itu untuk rute internasional adalah dari dan ke Singapura, Kuala Lumpur, Bangkok, Doha dan Madinah.

Advertisement

Sementara itu, bandara-bandara AP II Minggu (4/6) menyambut arus balik libur panjang akhir pekan.

Presiden Direktur AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, persiapan sudah dilakukan bersama dengan seluruh stakeholder.

"Titik penting di dalam arus balik libur panjang ini adalah pada penanganan bagasi penumpang pesawat oleh pihak ground handling,” ucapnya dalam keterangan resmi, Minggu (4/6).

Alokasi parkir pesawat di tengah meningkatnya lalu lintas penerbangan menurutnya juga harus direncanakan dengan baik untuk mendukung kelancaran kedatangan para penumpang pesawat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement