Survei Indikator: PDI Perjuangan Masih Jadi Parpol Pilihan Teratas

Lona Olavia
4 Juni 2023, 17:40
Survei Indikator: PDIP Masih Jadi Pilihan Teratas
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/YU
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri (tengah) berjalan meninggalkan ruangan usai memimpin Penutupan Rakernas II PDIP di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta, Rabu (23/6/2022). Dalam Rakernas II PDIP tersebut menghasilkan empat rekomendasi eksternal yaitu Ideologi Pancasila, Sistem Politik dan Pemilu 2024, Pembangunan Desa, Pemenangan Pemilu, dan Agenda Startegis Partai.

Elektabilitas PDI Perjuangan atau PDIP masih menjadi yang teratas dibandingkan partai politik (parpol) lainnya. Hal ini berdasarkan hasil survei terbaru dari Indikator Politik Indonesia, Minggu (4/6).

Menurut survei Indikator, peta dukungan terhadap partai politik tampak tidak mengalami banyak perubahan dalam rentang satu bulan terakhir.

Adapun pertanyaan yang diberikan ke responden, yaitu jika pemilihan anggota DPR diadakan sekarang ini, partai atau calon dari partai mana yang akan Ibu/Bapak pilih dari daftar partai berikut ini?.

Jawabannya, yakni posisi tertinggi masih dipegang oleh PDIP dengan pilihan sebesar 20,7%. Kemudian disusul oleh Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) 17,4% dan Golongan Karya (Golkar) 7,7%.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Nasional Demokrat (NasDem), dan Demokrat imbang masing-masing sekitar 6%. Lalu berikutnya ada Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di 5,2%, Partai Amanat Nasional (PAN) 3,1%, Partai Persatuan Indonesia (Perindo) 3%, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 2%. Sedangkan partai lain lebih rendah dukungannya.

Sementara itu, tampak sedikit arah penurunan pada Demokrat dan PPP.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...