2023 Akan Tiba, Berikut Proyeksi IHSG dan Saham-saham Unggulannya

Patricia Yashinta Desy Abigail
29 Desember 2022, 11:32
2023 Akan Tiba, Berikut Proyeksi IHSG dan Saham-saham Unggulannya
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/foc.
Karyawan melihat pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (10/8/2022).

Tahun 2022 akan segera berganti ke 2023, hanya dalam hitungan hari. Namun Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG saat ini berada di zona merah. Hingga pukul 11.05 WIB, IHSG masih turun tipis  0,04% di level Rp 6.847. Sampai dengan hari ini, IHSG masih belum mampu terkerek di leveel Rp 7.000. Bagaimana dengan proyeksi IHSG pada tahun depan? 

Dalam riset resmi Samuel Sekuritas memaparkan bahwa IHSG merupakan indeks dengan imbal hasil tertinggi sepanjang tahun 2022 dibandingkan indeks lain di wilayah ASEAN. Hal ini didukung oleh tingginya minat investor asing dan ritel.

Meski investor asing mencatat penjualan bersih yang besar di saham-saham blue chips pada Desember 2022, IHSG masih mencatatkan angka beli bersih asing secara tahunan atau year to date sebesar Rp 56 triliun pada pertengahan Desember 2022.

"IHSG akan mampu mencatatkan earning per share atau pendapatan per saham yang kuat di 2022, sebelum turun kembali menjadi 7,5% di 2023," tulis Samuel Sekuritas dalam risetnya dikutip Kamis (29/12). 

Samuel Sekuritas optimis saham-saham dengan fundamental dan prospek laba yang kuat akan mengungguli performa IHSG. 12 saham rekomendasi mencakup perusahaan yang dapat mendongkrak pertumbuhan pendapatannya di 2023 dan bertahan di tengah tekanan inflasi.

Adapun 12 saham rekomendasi Samuel Sekuritas, yaitu PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), dan PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM). Lalu PT XL Axiata Tbk(EXCL), PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP), dan PT Rukun Raharja Tbk(RAJA). PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA), PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), dan PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC).

Halaman:
Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail
Editor: Lona Olavia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...