Kalbe Farma (KLBF) Investasi US$ 10 Juta Ke Perusahaan Biologi Korsel

Kalbe Farma akan meningkatkan kompetensi perusahaan dalam bidang penelitian dan pengembangan produk biologi.
 Zahwa Madjid
5 Januari 2023, 12:08
Kalbe Farma (KLBF) Investasi US$ 10 Juta Ke Perusahaan Biologi Korsel
Kalbe Farma KATADATA | Arief Kamaludin
Kalbe Farma KATADATA | Arief Kamaludin

Emiten farmasi PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) mengumumkan akan berinvestasi kepada perusahaan Progen Co. Ltd sebesar US$ 10 juta atau sekitar Rp 156,1 miliar (asumsi kurs Rp 15,618 per dolar AS).

Progen Co. Ltd merupakan perusahaan yang melakukan penelitian dan pengembangan produk biologi yang didirikan berdasarkan hukum Korea Selatan.

Corporate Secretary KLBF Lukito Kurniawan Gozali menjelaskan investasi pada Progen dengan total US$ 10 juta terdiri dari beberapa rincian. Yakni, pembelian saham Progen sekitar US$ 3 juta atau setara 8,7% kepemilikan saham. Serta, pembelian convertible bonds yang diterbitkan oleh Progen dengan jumlah nominal US$ 7 juta dengan jangka waktu lima tahun dan YTM 5%.

“Investasi ini bertujuan meningkatkan kompetensi perusahaan dalam bidang penelitian dan pengembangan produk biologi,” ujar Lukito dalam keterbukaan informasi BEI, Rabu (4/1).

Adapun transaksi tersebut dijelaskan tidak akan berdampak material.

Sebelumnya dalam keterbukaan informasi, Komisaris Kalbe Farma Ronny Hadiana menjual sebanyak 5,05 juta saham perseroan pada 15 September 2022 dengan harga Rp 1.850 per saham.

Setelah transaksi, Ronny memegang 91.071.007 saham KLBF atau sekitar 0,19%. Sebelumnya, dia mempunyai 96.121.007 saham atau 0,21%.

“Tujuan transaksi, divestasi,” kata Lukito Kurniawan dalam keterbukaan informasi, Selasa (3/1).

Reporter: Zahwa Madjid
Editor: Lona Olavia
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait