Lo Kheng Hong Hadiri Seremoni IPO Penta Valent

Lona Olavia
24 Januari 2023, 13:30
Lo Kheng Hong Hadiri Seremoni IPO Penta Valent
Foto: Dok. SBM ITB
Investor kawakan Lo Kheng Hong

PT Penta Valent Tbk (PEVE) resmi mencatatkan (listing) saham perdananya di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa (24/1) ini. Menariknya dalam seremoni tersebut nampak kehadiran investor kawakan Lo Kheng Hong. Saham PEVE dimiliki oleh konglomerat Hermanto Tanoko. 

Dalam sambutannya, Hermanto Tanoko menyapa secara khusus Lo Kheng Hong yang hadir di antara para mitra bisnis lainnya.

“Terima kasih juga kepada Bapak Lo Kheng Hong yang telah berkenan hadir. Beliau merupakan salah satu investor saham yang sukses meraup untung triliunan rupiah di pasar modal Indonesia. Pak Lo juga terus berbagi kiat-kiat suksesnya,” ucapnya di Gedung BEI, Selasa (24/1).

Hermanto Tanoko menambahkan bahwa Lo Kheng Hong hadir bersama teman dan sejumlah muridnya.

“Hari ini hadir bersama teman dan murid-murid beliau yang hebat. Antara lain saya tadi bertemu dengan Robert Susilo, invest mulai dari Rp 1 miliar 11 tahun yang lalu, saat ini sudah berlipat 100 kali lipat. Luar biasa,” kata dia.

Hermanto Tanoko diketahui cukup akrab dengan Pak Lo sapaan akrab Lo Kheng Hong. Dia bahkan sempat mengundang Lo Kheng Hong di acara podcast pada kanal YouTube miliknya. Kala itu dia menyebutkan bahwa Lo Kheng Hong merupakan investor perorangan terbesar di Indonesia. 

Penta Valent resmi listing di BEI, Selasa (24/1). Emiten milik crazy rich Surabaya Hermanto Tanoko itu melepas 353 juta saham atau 20% saham setelah IPO. Harga pelaksanaan IPO Penta Valent mencapai Rp 149, sehingga perseroan meraup dana Rp 52,61 miliar. Total saham Penta Valent yang akan tercatat di BEI mencapai 1,7 miliar. 

Adapun pada perdagangan sesi I, Selasa (24/1) saham PEVE masih bertahan di batas auto rejection atas (ARA). Saham distributor produk farmasi itu melesat 34,23% ke level Rp 200 per saham.

Setelah IPO, susunan pemegang saham Penta Valent adalah PT Tancorp Mega Buana 40,35%, PT Maramakmur Selaras 20,22%, PT Multi Pidotama Mandiri 19,43%, masyarakat 19,98%, dan saham employee stock allocation (ESA) 0,02%. 

Tancorp adalah perusahaan milik Hermanto Tanoko yang juga menjadi pengendali Penta Valent. Hermanto bersama kakaknya, Wijono Tanoko menempati peringkat orang terkaya nomor 11 di Indonesia versi The Real-Time Billionaires Forbes. 

Hermanto Tanoko melalui Tancorp Group memiliki sejumlah perusahaan terbuka, seperti produsen air minum kemasan Cleo, PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO), lalu PT Mega Printis Tbk (ZONE) atau Manzone, PT Jaya Sukses Makmur Sentosa Tbk (RISE), PT Caturkarda Depo Bangunan Tbk (DEPO), dan PT Avia Avian Tbk (AVIA) alias Avian Brands.

 

Advertisement
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait