MenPan RB Tjahjo Minta Aparatur Sipil Negara Lebih Lincah, Adaptif

Cahya Puteri Abdi Rabbi
27 Juli 2021, 11:10
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo bersiap mengikuti rapat kerja bersama Komisi II DPR di Komplek Parlemen, Jakarta, Kamis (8/4/2021). Dalam rapat tersebut membahas mengenai pandangan pemerintah atas pe
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/rwa.
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo bersiap mengikuti rapat kerja bersama Komisi II DPR di Komplek Parlemen, Jakarta, Kamis (8/4/2021). Dalam rapat tersebut membahas mengenai pandangan pemerintah atas penjelasan DPR terkait RUU tentang ASN serta pembentukan Panja RUU tersebut.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) meluncurkan core values dan employer branding aparatur sipil negara (ASN) sebagai langkah perubahan besar. 

Menteri PANRB Tjahjo Kumolo menyatakan bahwa peluncuran ini merupakan momentum percepatan transformasi ASN di seluruh Indonesia. Ia mengatakan, saat ini pemerintah terus mendorong terciptanya birokrasi yang dinamis dengan tata kelola pemerintah yang bersih, efektif, efisien dan cepat dalam mengambil keputusan.

Adapun, core values ASN yang hari ini, Selasa  (27/7) , resmi ditetapkan yakni Berakhlak (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif). Bersamaan dengan itu, para ASN dan calon ASN di Indonesia memiliki employer branding #BanggaMelayaniBangsa.

“Aparatur harus lebih lincah dan inovatif. Birokrasi digerakkan oleh sumber daya manusia aparatur, karena itu peran aparatur sangat signifikan bagi tercapainya tujuan. Jadi, urgensi pengelolaan sumber daya manusia aparatur harus dipercepat,”  kata Tjahjo dalam acara Peluncuran Core Values dan Employer Branding Aparatur Sipil Negara (ASN) secara virtual, Selasa (27/7).

Menpan RB Tjahjo Kumolo mengatakan, langkah perubahan ini dilakukan sebagai upaya untuk membuat birokrasi lebih adaptif dan lebih cepat dalam melakukan pelayanan publik. Selain itu, peluncuran panduan nilai dasar atau core values akan menjadi fondasi bagi seluruh ASN untuk mengabdikan diri bagi negara dan masyarakat.

“Di momen yang spesial ini, kami teguhkan komitmen kami untuk melakukan akselerasi transformasi dan siap menjadikan KemenPAN RB menjadi salah satu episentrum reformasi birokrasi di Indonesia,” kata dia.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...