KPK Tegaskan Komitmen untuk Dorong Investasi

Rizky Alika
28 Juli 2021, 14:53
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri (kiri) bersiap mengikuti rapat dengar pendapat dengan Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Ksmia (3/6/2021). KPK menegaskan dukungannya untuk kepastian hukum dunia usaha guna mend
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc.
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri (kiri) bersiap mengikuti rapat dengar pendapat dengan Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Ksmia (3/6/2021). KPK menegaskan dukungannya untuk kepastian hukum dunia usaha guna mendongkrak investasi.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) turut mendukung adanya kepastian hukum bagi pengusaha dan investor. Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan, upaya ini dilakukan karena investasi sangat diperlukan untuk menjamin perbaikan kesejahteraan rakyat.  Perbaikan kesejahteraan rakyat tidak cukup dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Sesungguhnya modal kita menjamin kesejahteraan rakyat tidak cukup dari APBN, tapi kita juga harus dorong dengan dana-dana dari investor," kata Firli dalam Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas) KPK, Rabu (28/7).

Advertisement

Untuk itu, KPK akan melakukan penetapan beberapa kawasan hutan untuk memberikan kepastian hukum dan pelayanan kepada pengusaha.

Pihaknya pun telah sepakat dalam menerapkan kebijakan satu peta dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) untuk memastikan investor mau menanamkan dananya di Tanah Air. Dengan demikian, ada kepastian hukum terkait lahan yang dapat digunakan oleh investor.

Firli pun memastikan, upaya pencegahan korupsi yang dilakukan oleh komisi anti rasuah tidak hanya melalui perbaikan sistem, namun juga KPK memberikan andil dalam memperkuat aparatur pengawas internal pemerintah.

"Kita ingin pastikan setiap perencanaan dan pengawasan tidak terjadinya korupsi," ujar dia.

Pada 2020, KPK telah bekerja sama dengan sejumlah kementerian/lembaga dalam menertibkan aset barang milik negara dan barang milik daerah. Pada kesempatan itu, KPK telah menyelamatkan potensi kerugian negara hingga Rp 592 triliun.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement