Ahsan/Hendra Melaju ke Semifinal, Marcus/Kevin Tersingkir di Olimpiade

Image title
Oleh Maesaroh
29 Juli 2021, 11:04
Pasangan pebulutuangkis Marcus/Kevin tersingkir di Olimpiade Tokyo 2020.
ANTARA FOTO/Humas PBSI/Nafi
Pasangan pebulutangkis Marcus/Kevin tersingkir di Olimpiade Tokyo 2020.

Harapan  medali emas dari cabang olah raga bulu tangkis di ajang Olimpiade masih terjaga setelah  pasangan pebulutangkis ganda putera Indonesia Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan melangkah ke babak semifinal Olimpiade Tokyo 2020. Mereka menggenggam tiket semifinal setelah mengalahkan pasangan tuan rumah Takeshi Kamura / Keigo Sonoda dengan skor 21-14, 16-21 dan 21-9 di babak perempatfiinal, Kamis (29/7).

Meskipun mendapat perlawanan yang cukup ketat di gim pertama, pasangan Ahsan/Hendra tetap tampil tenang dan menang dengan poin 21-14. 

Pada gim kedua, pasangan berjuluk the Daddies tersebut kalah 16-21 setelah lawan meningkatkan tempo permainan dan membuat pasangan Indonesia kalah.

Pada gim penentuan, Ahsan/Hendra mampu mengumpulkan poin dengan cepat dan unggul 8-1. Pasangan Kamura/Sonoda sebenarnya melakukan perlawanan tetapi akhirnya menyerah dengan skor 21-9.

 Sebelumnya, kejutan terjadi di perempatfinal. Ganda putera andalan Indonesia Marcus Fernadi Gideon / Kevin Sanjaya Sukamuljo dipastikan tersingkir dari  Olimpiade Tokyo 2020 dan gagal  mempersembahkan emas setelah kalah dari pasangan ganda putera Malaysia Aaron Chia / Soh Wooi Yik di babak perempatfinal., Kamis (29/7).

Marcus/ Kevin kalah dua gimt langsung dalam waktu kurang dari satu jam. Pada gim pertama, pasangan Marcus/ Kevin kalah 14-21 sementara pada gim kedua, pasangan yang dikenal dengan  nama Minions tersebut kalah 17-21.

 Kekalahan ganda putera Marcus/ Kevin merupakan pukulan telak bagi Indonesia karena pasangan berperingkat nomor satu dunia tersebut menjadi andalan untuk merebut medali emas dari cabang olah raga bulu tangkis.

Kekalahan pasangan Marcus/Kevin dari Aaron Chia / Soh Woii Yik ini juga mengejutkan mengingat rekor baik dari pertemuan sebelumnya. Dari tujuh pertemuan sebelumnya, Marckus/Kevin selalu menang dari ganda Malaysia berperingkat sembilan dunia tersebut, termasuk di All England 2020 dan Indonesia Masters 2020.

Kekalahan hari ini juga memperpanjang penampilan buruk pasangan Kevin/Marcus di Olimpiade Tokyo. Pada laga penyisihan grup, mereka dikalahkan pasangan asal Taiwan Lee Yang / Wang Chi-lin. Mereka kalah dua set dan hanya menang di set kedua dengan skor kalah 18-21, 21-15 dan 17-21.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...