Helikopter Dikerahkan Padamkan Kebakaran di Gunung Ile Lewotolok, NTT

Image title
Oleh Maesaroh
30 Juli 2021, 08:40
Kebakaran Lahan di Lereng Gunung Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).
BNPB
Kebakaran Lahan di Lereng Gunung Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengerahkan helikopter untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan dan lahan (karhutla) di sekitar lereng Gunung Ile Lewotolok, Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kebakaran terjadi karena lontaran lava pijar erupsi Gunung Ile Lewotolok.

Kebakaran yang terjadi pada Rabu lalu (28/9) dikhawatirkan bisa mengancam rumah-rumah adat, lahan dan pemukiman warga setempat.

Menurut BNPB, Pemerintah Kabupaten Lembata, Kamis (29/7),  telah meminta bantuan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi NTT untuk pengerahan helikopter. Pemerintah setempat sebenarnya  sudah melakukan upaya pemadaman api sejak dini. Namun demikian, kini api belum dapat dikendalikan sepenuhnya hingga Kamis (29/7). Api sulit dipadamkan  karena keterbatasan alat. Petugas yang dibantu masyarakat setempat hanya menggunakan peralatan manual.

“Keterbatasan peralatan pendukung dan kendala fisik di lapangan, termasuk titik-titik api tersebut masih berada dalam kawasan rawan bencana, radius tiga kilometer dari puncak gunung,” ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Lembata Paskalis Ola Tapo Bali, A.P.,M.T.  seperti disampaikan dalam siaran pers BNPB, Kamis (29/7).

Dengan pengeboman air atau water-bombing, pemadaman dapat dilakukan dengan efektif tanpa risiko korban jiwa mengingat lokasi berada pada radius berbahaya erupsi gunung api.

Menyusul permintaan tersebut, Kepala BNPB Ganip Warsito memerintahkan jajarannya untuk menggerakkan helikopter water-bombing guna membantu pemadaman dan mencegah potensi kejadian serupa mengingat kondisi Gunung Ile Lewotolok masih aktif.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...